5 Film Indonesia yang Menunjukkan Timpangnya Pendidikan Kita

0
116

Isu kesenjangan pendidikan di bangsa ini sudah jamak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Seperti seringkali diberitakan, karya yang bagus adalah karya yang juga bisa menyampaikan pesan. Seperti halnya dengan film, yang bisa menunjukkan adanya kesenjangan dalam bidang pendidikan. Inilah 5 film Indonesia yang menunjukkan timpangnya pendidikan kita, yaitu :

1. Denias

5-Film-Indonesia-yang-Menunjukkan-Timpangnya-Pendidikan-Kita-1Berlatar belakang pedalaman Papua, seorang anak yang bernama Denias dikisahkan sedang berjuang untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Film yang diproduseri dan dibintangi Ari Sihasale dan Nia Sihasale Zulkarnaen ini, sarat tentang kepedulian pendidikan di Indonesia. Pada dasarnya film ini diadaptasi dari kisah nyata anak Papua bernama Janias, yang mesti berjuang untuk bisa bersekolah.

 

2. Sokola Rimba

5-Film-Indonesia-yang-Menunjukkan-Timpangnya-Pendidikan-Kita-2Sama seperti Denias, film ini juga berkisah dari kisah nyata pengalaman wanita yang bernama Butet Manurung. Sesudah hampir tiga tahun bekerja di lembaga konservasi wilayah Jambi, Butet yang diperankan Prisia Nasution akhirnya menemukan hidup yang dia impikan selama ini. Yaitu mengajarkan baca-tulis dan berhitung kepada anak-anak Suku Anak Dalam.

 

3. Alangkah Lucunya Negeri Ini

5-Film-Indonesia-yang-Menunjukkan-Timpangnya-Pendidikan-Kita-3Film yang dibuat oleh Deddi Mizwar ini berkisah tentang seorang pemuda yang bernama Muluk dan diperankan Reza Rahardian. Seorang lulusan S1 manajemen yang susah mencari kerja di negerinya sendiri. Hingga pada suatu waktu, dia bertemu dengan pencopet cilik yang melakukan aksinya dipasar. Memilih untuk tidak menangkap pencopet tersebut, Muluk malah menjadi seorang pengajar di ‘sekolah pencopet’ tersebut sambil menunggu pekerjaan lain yang akan datang nantinya.

 

4. Cahaya Dari Timur

5-Film-Indonesia-yang-Menunjukkan-Timpangnya-Pendidikan-Kita-4Film yang disutradari oleh Angga Dwimas Sasongko ini, menganggap jika Indonesia Timur sudah menjadi prototipe untuk wilayah Indonesia Timur. Karena ketertinggalan infrastruktur serta kemiskinan, tapi memilki alam yang indah dan juga kaya. Kisah Sani yang kesulitan berkarir di ujung timur Indonesia sana, diharapkan bisa menjadi pencerahan. Supaya dia bisa menyalurkan energi positifnya kepada orang lain, seperti mengajar anak-anak di daerah sana misalnya.

 

5. Laskar Pelangi

5-Film-Indonesia-yang-Menunjukkan-Timpangnya-Pendidikan-Kita-5Film yang dibuat oleh Riri Riza ini diadopsi dari novel Laskar pelangi. Film ini memiliki setting di salah satu pulau terkaya di Indonesia, pulau Belitung. Mengisahkan perjuangan sepasang guru yang ingin sekolahnya tidak ditutup. Kedua guru yang dibantu oleh sepuluh murid yang memiliki keistimewaan dan keunikannya masing-masing.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY