5 Film Kemerdekaan Indonesia yang Membangkitkan Nasionalisme

0
175

Lewat media film, para sineas juga punya cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Para sineas tanah air pun mencoba membangkitkan kembali nilai juang dari pahlawan ke dalam bentuk film. Berikut ini rangkuman 5 film tentang kemerdekaan Indonesia yang bisa membangkitkan nasionalisme, yaitu :

1. Battle of Surabaya

5-Film-Kemerdekaan-Indonesia-yang-Membangkitkan-Nasionalisme-1

Battle of Surabaya adalah film yang diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di kota Surabaya. Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang selanjutnya membawa misi menjadi seorang kurir surat-surat rahasia untuk para tentara serta milisi pejuang Indonesia. Selain mengirim surat rahasia, Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang kepada keluarganya.

Yang istimewa adalah film ini adalah film animasi pertama di Indonesia. Apalagi sesudah mendapatkan dukungan dari Walt Disney Pictures. Tidak cuma animasi dan cerita, soundtrack film ini melibatkan banyak musisi top tanah air diantaranya Angela Nazar, Afgan, Ungu, Maudy Ayunda serta Sherina.

 

2. Jenderal Soedirman

5-Film-Kemerdekaan-Indonesia-yang-Membangkitkan-Nasionalisme-2Jenderal Soedirman adalah salah satu tokoh bangsa yang berperan dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Film Jenderal Soedirman bersetting ketika Belanda menyatakan sudah tidak terikat dengan perjanjian Renville dan menyatakan penghentian gencatan senjata. Lokasi syuting film yang dibintangi oleh Adipati Dolken ini mengambil setting empat kota di pulau Jawa yaitu Yogyakarta, Bandung, Magelang serta Wonosari.

 

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

5-Film-Kemerdekaan-Indonesia-yang-Membangkitkan-Nasionalisme-3Film ini mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan Indonesia. Film yang rilis pada tanggal 9 April 2015 ini menampilkan suasana perjuangan seorang Tjokroaminoto dengan organisasinya yaitu Serekat Islam yang didirikannya di tahun 1800-an. Aktor utama pemeran pahlawan asal Yogyakarta tersebut adalah Reza Rahadian.

 

4. Soekarno

5-Film-Kemerdekaan-Indonesia-yang-Membangkitkan-Nasionalisme-4Hanung Bramantyo kembali lagi memproduksi film yang bertemakan pahlawan. Kali ini giliran tokoh proklamator yaitu Soekarno. Film yang dirilis pada 11 Desember 2013 ini sudah memenangkan ajang ASEAN Intertasional Film Festival and Awards 2015. Sederet artis ternama juga ikut membintangi film ini seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi serta Sujiwo Tejo.

 

5. Soegija

5-Film-Kemerdekaan-Indonesia-yang-Membangkitkan-Nasionalisme-5Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang pahlawan nasional yang bernama Albertus Soegijapranata. Tapi Garin Nugroho berhasil mengemasnya ke dalam sebuah film yang berjudul Soegija dan dirilis 7 Juni 2012 lalu. Film ini mengambil latar belakang tentang Perang Kemerdekaan Indonesia serta pendirian Republik Indonesia Serikat pada tahun 1940 – 1949.

loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here