5 Film Pertama Tayang di Indonesia

0
2620

Sudah ada ratusan film yang sudah diproduksi oleh orang-orang Indonesia. Dari sekian banyak film ini, mungkin kita melupakan beberapa film pertama tayang di Indonesia. Film ini mungkin telah punah karena dirilis sudah puluhan tahun silam. Untuk mengingatnya lagi, berikut 5 film pertama tayang di Indonesia.

1. Loetoeng Kasaroeng (1926)

5-Film-Pertama-Tayang-di-Indonesia-(1)

5 Film pertama tayang di Indonesia pertama. Sejarah mencatat bahwa film Loetoeng Kasaroeng ini dinyatakan sebagai film pertama Indonesia. Dirilis pertama pada tahun 1926, film ini dibuat dan disutradarai orang Belanda. Meski meneer-meneer Belanda yang mendominasi film ini, bukan berarti orang kita tidak terlibat di dalamnya. Aktor film ini dari Indonesia dan jadi film pertama yang dikomersialkan di negeri ini.

2. Eulis Atjih (1927)

5-Film-Pertama-Tayang-di-Indonesia-(2)

5 Film pertama tayang di Indonesia selanjutnya. Setahun setelah Loeteong Kasaroeng, Indonesia disuguhkan film lainnya. Kali ini dengan film Eulis Atjih yang film bisu bergenre drama keluarga.

3. Lily Van Java (1928)

5-Film-Pertama-Tayang-di-Indonesia-(3)

Film berjudul Lily Van Java jadi film Tionghoa pertama tayang di Indonesia. Film ini sendiri disutradarai oleh Len H. Ros yang lalu dilanjutkan Nelson Wong dan juga David Wong. Bercerita mengenai seorang gadis yang dijodohkan orang tuanya, walau dia sendiri telah memilih pria lain sebagai seorang tambatan hati.

4. Resia Boroboedoer (1928)

5-Film-Pertama-Tayang-di-Indonesia-(4)

5 Film pertama tayang di Indonesia selanjutnya. Masih di tahun yang sama, kali ini film berjudul Resia Boroboedoer resmi dirilis. Menceritakan Young Pei Fen yang secara tidak sengaja yang menemukan buku resia milik ayahnya. Dalam buku ini tertulis kisah candi Borobudur dengan misteri harta karun yang ada di dalamnya.

5. Setangan Berloemoer Darah (1928)

5-Film-Pertama-Tayang-di-Indonesia-(5)

Tahun 1928 seperti jadi tonggak awal perfilman Indonesia. Pada tahun ini pula ada 3 film yang telah diproduksi. Kini giliran film Setangan Berloemoer Darah yang muncul ke permukaan. Sayangnya Setangan Berloemoer Darah ini masih kalah populer jika dibandingkan dua film sebelumnya.

Simpan

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY