6 Film Bertema Bencana Terbaik Yang Perlu Kamu Tonton

0
2226

Salah satu cara untuk “mengakrabkan” diri dengan bencana alam mungkin dengan jalan memasyarakatkan film-film yang bertema bencana. Tapi sayangnya, film berjenis ini rasanya paling jarang dibuat oleh sineas kita. Tentu saja alasannya klasik, yaitu uang. Mewujudkan bencana alam kedalam sebuah film butuh biaya besar untuk dapat membuat efek khusus yang dahsyat dan terlihat nyata. Tapi Hal itu tidak berlaku untuk film Hollywood. Mereka mampu membuat film bertema bencana berbujet besar hingga terlihat begitu meyakinkan. Berikut adalah fim bertema bencana terbaik yang mungkin bisa kamu tonton dalam waktu dekat ini.

Daftar Film Bertema Bencana Terbaik Yang Perlu Kamu Tonton

1. 2012 (2009)

Film bertema bencana terbaik pertama. Tahun 2012 yang sudah lewat sempat untuk “dipromosikan” sebagai jatuhnya hari kiamat. Semua disebabkan kalender suku Inca yang hanya menaruh tanggalan hingga tahun 2012 menurut ukuran kalender modern masehi. Dan, sebelum ramalan kiamat tersebut tidak terbukti, Hollywood kemudian buru-buru memanfaatkan dengan merilis film bertema kiamat tahun 2012 pada tahun 2009.

Loading...

Diperankan oleh John Cusack, Danny Glover dan Woody Harrelson, film ini berhasil mengumpulkan 769 juta Dollar di Box Office saja, dan ini hampir 4 kali lipat dari budget pembuatannya yang hanya 200 juta Dollar. Kiamat di 2012 ini memang cukup fenomenal di dunia, jadi ketika dibuat filmnya orang-orang akan penasaran menontonnya.

2. The Day After Tomorrow (2004)

Film bertema bencana terbaik kedua. Secara ilmiah, tidak mungkin adanya perubahan cuaca yang sangat ekstrim, hingga bisa terjadi. Tapi ini rasanya bentuk nyata dari Hollywood untuk mengingatkan pada kita akan bahaya pemanasan global. New York diterjang air bah dan kita melihat patung Liberty yang diselimuti salju. Selayaknya film bencana yang selalu ada dramatisasi melankolis, di film ini juga diceritakan mengenai nasib orang-orang biasa yang berada di tengah bencana.

Dalam film ini kamu akan diperlihatkan bagaimana perjuangan orang-orang dalam bertahan hidup ketika bumi dilanda badai salju yang ekstrim yang terjadi mendadak. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film bencana terbaik ini. Diperankan oleh Dennis Quaid dan Jake Gyllenhaal.

3. Earthquake (1974)

Film bertema bencana terbaik ketiga. Film ini menggambarkan bagaimana ketika Los Angeles diguncang gempa bumi dahsyat pada tahun 1970-an. Orang-orang biasa seketika hidupnya berubah. Pada akhirnya bukan efek khusus yang jadi suguhan utama sebuah film bencana, melainkan jalan ceritanya, yaitu bagaimana orang-orang dalam film ini menghadapi ujian Tuhan berupa gempa bumi dahsyat, dan bertahan hidup di tengah bencana tersebut.

Film ini hanya berbudget 7 juta Dollar, jumlah yang cukup besar pada era itu, tapi dengan budget tersebut film ini berhasil mendapatkan 79 juta Dollar. Hampir 10 kali lipatnya! Wow sekali ya, mungkin layak jika film ini disebut film klasik bertema bencana terbaik.

4. Deep Impact (1998)

Anda mungkin ingat, saat Deep Impact rilis dan tidak lama rilis pula Armageddon. Dua film tersebut sama-sama membayangkan apa jadinya bila Bumi hendak diterjang sebuah benda luar angkasa macam komet ataupun asteroid. Jika di film Armageddon meteor raksasa yang akan menabrak bumi berhasil dihancurkan sehingga bumi selamat, di film Deep Impact ini meteor raksasa tidak berhasail dihancurkan. Di film ini benar-benar menggambarkan bagaimana jadinya jika bumi diterjang komet seukuran gunung Everest. Film ini juga menyajikan kesibukan setiap orang, mulai dari seorang presiden AS (Morgan Freeman) hingga orang biasa, dalam menghadapi ancaman komet.

5. Twister (1996)

Film terbaik bertema bencana selanjutnya. Film ini mempertemukan Bill Paxton dengan Helen Hunt, sebuah film tegang yang begitu memicu adrenalin penonton dari awal hingga akhir. Film ini menceritakan tentang para peniliti badai dan angin Tornado, angin puting beliung di Amerika. Orang-orang di film ini mendedikasikan hidupnya demi ilmu pengetahuan mengenai Tornado, sekalipun hal tersebut sangat membahayakan hidup mereka.

Walau film ini merupakan film fiksi, tapi apa yang digambarkan sangatlah realistik, mulai dari momen dramatis disaat angin puting beliung menerjang, mobil beterbangan, sapi yang melayang terbawa angin, hingga bagaimana kisah hidup orang-orang didalamnya ketika menghadapai badai dan angin Tornado ini.

6. The Impossible (2012)

Film bencana terbaik terakhir yang ada di list kita. Pada 2004 telah terjadi tsunami di laut Hindia, yang di antaranya juga menerjang Aceh dan juga Thailand. The Impossible menceritakan bencana tersebut, dan apa yang terjadi setelahnya. Keunggulan film ini terutama pada akting prima Naomi Watts sebagai ibu yang mencari keluarganya disaat setelah tsunami memporak-porandakan semuanya.

Watts bermain penuh penjiwaan di film ini. Ia tampak nyata dalam menanggung derita disaat kulit paha belakangnya terkelupas. Wajar bila Golden Globe, SAG Award, dan juga Oscar member apresiasi atas penampilan Watts di sini. Film ini tidak hanya diperankan oleh Naomi Watts, tapi ada juga Ewan McGregor (pemeran Obi Wan Kenobi di film Star Wars). Film yang sangat menyentuh.

Oke itulah 6 film bertema bencana terbaik yang bisa ditampilkan oleh KitaTV.com. Semoga dengan ini kita semua bisa menghargai kehidupan dan selalu bersyukur bahwa kita masih dianugrahi hidup. Jangan lupa berdoa juga agar hidup dan bumi kita dijauhi dari bencana 🙂

SHARE
Kabuto
Movie and music are my live, and I won't take it for granted

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here