5 Film Hebat Karya Hanung Bramantyo

0
83

Pria kelahiran Jakarta 40 tahun silam ini sudah tak asing lagi tentunya bagi pecinta film tanah air. Sudah banyak karya yang ia hasilkan selama kiprahnya di dunia perfilman tanah air, mulai dari film bertema komedi, drama percintaan, perjuangan, serta agama pernah ia sajikan. Berikut adalah lima film hebat karya Hanung Bramantyo.

1. Jomblo

Poster film Jomblo karya Hanung Bramantyo
Film karya Hanung Bramantyo pada tahun 2006 ini menceritakan tentang empat orang sahabat dalam menjalani laka-liku dunia percintaan. Agus (Ringgo Agus Rahman), Doni (Christian Sugiono), Olip (Rizky Hanggono), dan Bimo (Dennis Adhiswara) adalah mahasiswa jurusan teknik sipil yang punya nasib berbeda-beda dalam urusan cinta. Mereka berempat tejebak dengan kisah percintaannya masing-masing, Agus yang bingung harus memilih antara Rita (Richa Novisha) atau Lani (Nahia Saphira), Doni yang seorang playboy, Olip yang tak sanggup mengungkapkan isi perasaannya, serta Bimo yang selalu gagal mendapatkan pacar menjadi plot yang menarik untuk disaksikan dalam film ini. Film Jomblo menunjukkan kehebatan Hanung Bramantyo dalam merangkai kisah percintaan anak muda berbalut komedi ringan nan segar.

2. Sang Pencerah

Poster Film Sang Pencerah karya Hanung Bramantyo
Berkisah tentang Ahmad Dahlan sang pendiri Muhammadiyah, film produksi tahun 2010 ini membawa kita ke masa-masa perjuangan seorang Ahmad Dahlan membawa Islam kembali ke jalur yang semestinya. Menggandeng Lukman Sardi sebagai pemeran Ahmad Dahlan, film ini bisa menjadi tontonan kita yang ingin tahu sejarah tentang sosok Ahmad Dahlan. Suasana masa lalu layaknya tahun 1800-an akhir berhasil dibawakan dengan baik oleh Hanung Bramantyo. Konflik-konflik yang muncul pun ditanggapi dengan cerdas dan santun, sehingga mampu menjadi sebuah teladan.

3. ? (Tanda Tanya)

Poster Film tanda tanya karya Hanung Bramantyo
Fim “?” adalah salah satu karya Hanung Bramantyo yang menuai protes dari Front Pembela Islam dan Majelis Ulama Indonesia. Film produksi tahun 2011 ini menceritakan pluralisme antara tiga agama, Budha, Islam, dan Katolik yang dianut oleh tiga orang keluarga di kota Semarang. Isi film yang menurut sebagian orang sangat kontroversial membuat Hanung sempat kesulitan dalam melakukan proses produksi, namun film ini akhirnya berhasil dibuat dan sukses ditonton 550.000 orang. Hanung secara gamblang memaparkan pluralisme menurut pandangannya dalam film ini, dimana ia sendiri adalah seorang anak yang terlahir dari ras campuran.

4. Tendangan dari Langit

Poster Film tendangan dari langit karya Hanung Bramantyo
Film bertemakan sepakbola ini mengangkat cerita tentang seorang anak bernama Wahyu yang diperankan oleh Yosie Kristanto dalam perjuangannya menjadi pemain sepakbola profesional. Selain melibatkan aktor dan aktris kenamaan seperti Maudy Ayunda, Agus Kuncoro, serta Joshua Suherman, film ini juga melibatkan langsung para praktisi dibidang sepakbola, seperti Irfan Bachdim, Kim Jeffry Kurniawan, Timo Schuneman, dan Mathias Ibo, keterlibatan mereka dalam Tendangan dari Langit membuat aroma sepakbola semakin kental dalam film ini.

5. Ayat-Ayat Cinta

Poster Film Ayat-Ayat Cinta karya Hanung Bramantyo
Film produksi tahun 2008 ini mencertiakan tentang drama percintaan yang dialami oleh Fahri bin Abdillah yang diperankan oleh Fedi Nuril. Di dalam film ini Fedi Nuril beradu akting dengan sederet artis cantik seperti Rianti Catwright, Carrisa Putri, dan Zaskia Adya Mecca. Ayat-Ayat Cinta sendiri merupakan sebuah film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul sama karya Habiburrahman El Shirazy. Film ini berhasil menarik cukup banyak penonton dalam pemutarannya, kurang lebih sekitar 3.581.947 penonton dan menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak ke-5 di Indonesia.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY