Ketika Cinta Beda Keyakinan

0
222

‘Kenapa orang selalu ngebatesin cinta karena adanya perbedaan?’

Sepotong kata itu menjadi sesuatu yang lekat diingat di film ‘3 Hati 2 Dunia 1 Cinta‘. Tidak sedikit kasus perbedaan keyakinan menjadi penghalang. ‘3 Hati 2 Dunia 1 Cinta’ adalah film yang secara gamblang menampilkan fenomena lewat layar lebar. Film buatan Benni Setiawan itu menggandeng dua bintang Reza Rahadian (Rosyid) dan juga Laura Basuki (Delia).

Keduanya saling mencintai. Tapi hubungan Rosyid dan Delia tidak berjalan mulus. Cinta mereka sulit dalam menemukan ujungnya karena adanya keyakinan yang berbeda. Rosyid tumbuh dalam keluarga Islam yang sangat relijius. Dan Delia seorang Katolik ditentang untuk melanjutkan hubungannya dengan Rosyid.

Film yang ceritanya diadaptasi dari kisah novel itu berhasil memborong banyak piala di Piala FFI tahun 2010. Reza Rahadian sebagai kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terbaik diterima Laura Basuki. Sederetan piala lainnya diberikan juga pada film tersebut dalam kategori Film Terbaik dan penyutradaraan yang diterima oleh Benni Setiawan.

Tema cinta beda keyakinan juga menyentuh drama relijius di film populer ‘Ayat-ayat Cinta’. Tokoh Maria (Carissa Putri) akhirnya melepaskan keyakinannya dan mengikuti keyakinan Fahri (Fedi Nuril). Salah satu film yang akhirnya tidak bisa terhindar dari kontroversial adalah ‘Cinta Tapi Beda’ buatan Hanung Bramantyo.

Agni Pratistha tampil sebagai Diana yang kawin lari dengan Cahyo (Reza Nangin) karena cinta keduanya yang berbeda agama. Diana beragama Katolik dan Cahyo beragama Islam. Cinta memang agaknya penuh dengan kekacauan. Bahkan tidak jarang akhirnya tidak berujung seperti yang terjadi di dalam sejumlah film di atas.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY