Video game sudah berkembang dari yang sederhana hingga yang paling rumit masa kini. Permainan video game yang rumit tentunya juga membuat pemain betah berlama lama untuk bermain game tersebut. Namun ada juga game yang memang diciptakan untuk diselesaikan dalam waktu yang sangat lama atau malahan tidak bisa diselesaikan atau ditamatkan sama sekali. Lalu apa saja 10 game yang paling lama tamatnya atau penyelesaiannya? Berikut ini adalah listnya, yuk kita simak.

10. Civilization IV (lama permainan tercepat 5 jam hingga tak terbatas)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-10Civilization IV adalah salah satu game strategi yang diciptakan untuk tidak dimainkan sendiri namun dimainkan untuk bersama sama pemain lain. Hal itu membuat Civilization IV menjadi salah satu game PC yang paling lama tamatnya karena memang tidak bisa tamat. Namun pada permainan single player atau campaign game ini bisa diselesaikan dalam waktu 5 jam saja sehingga berada di rangking 10.

9. Legend of Zelda: Ocarina of Time (lama permainan tercepat 30 hingga 40 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-9Game Legend of Zelda: Ocarina of Time berada di posisi ke 9 game yang paling lama tamatnya. Game yang berada di permainan portable NDS ini membutuhkan 30 hingga 40 jam permainan untuk menamatkan game ini. sayangnya itu dimainkan oleh para pemain pro, namun untuk kamu mungkin bisa kamu coba sendiri.

8. Half-Life (lama permainan tercepat 20 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-8Game Half-Life merupakan game berjenis FPS atau First Person Shooter yang berada di nomor 8 list kali ini. Half-life menjadi game paling lama tamatnya, meskipun sebenarnya Half-Life ditujukan untuk permaian multiplayer sehingga tidak terbatas waktu untuk menamatkannya. Hanya saja untuk permainan solo, game ini bisa diselesaikan dalam waktu 20 jam. Itupun sekali lagi dimainkan oleh pemain ahli, berminat untuk memecahkan rekornya? Sebaiknya kamu berlatih terlebih dahulu deh.

7. Thief III (lama permainan tercepat 40 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-7Thief III adalah game berjenis action-RPG yang juga terkenal akan grafisnya yang memukau. Thief III menjadi salah satu game yang paling lama tamatnya karena setidaknya pemain membutuhkan 40 jam lama permainan untuk menamatkannya. Namun itu juga bergantung pada keahlian setiap orang, apa kamu bisa bermain lebih cepat?

6. Just Cause II (lama permainan tercepat 40 hingga 60 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-6Just Cause 2 adalah game berjenis FPS yang berlatar belakang perang di masa depan. Game dengan grafis yang memukau ini memiliki lama permainan yang tidak bisa diremehkan yakni 40 hingga 60 jam! Dan sekali lagi itupun bergantung pada keahlianmu untuk bermain game tembak menembak ini. Just Cause sendiri sudah memiliki beberapa seri lanjutannya yang juga memiliki lama permainan yang tidak kalah lama.

5. Elder Scrolls III: Morowind (lama permainan tercepat 50 hingga 200 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-5Elder Scrolls III adalah salah satu permainan RPG legendaris yang dimulai dari permainan PC. Serinya pun sudah berlanjut ke beberapa seri setelah seri ketiganya ini. Permainan berjenis RPG memang biasanya memiliki lajur permainan yang unik sehingga membutuhkan waktu untuk meningkatkan level karakter kamu. Oleh karena itu game ini diganjar sebagai game yang tamatnya paling lama dengan lama permainan lebih dari 50 jam.

4. Grand Theft Auto: San Andreas (lama permainan tercepat 80 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-4GTA, siapa yang tak mengenal game buatan Rockstar studios ini. GTA menjadi salah satu game yang menarik untuk dimainkan berlama lama namun juga menjadi game yang kontroversial karena mengandung kekerasan. Meskipun demikian GTA masih slalu ditunggu oleh fansnya hingga saat ini sudah mencapai GTA V. namun, GTA San Andreas memiliki kelebihan tersendiri yakni membutuhkan waktu selama setidaknya 80 jam permaianan untuk menyelesaikan semua misinya. GTA San Andreas ini diganjar sebagai posisi ke empat game paling lama tamatnya.

3. Final Fantasy XII (lama permainan tercepat 60 hingga 120 jam)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-3Game RPG yang terkenal dengan franchisenya ini adalah salah satu game yang paling lama tamatnya. Bayangkan saja butuh waktu setidaknya 60 hingga 120 jam permainan untuk menyelesaikan semua petualangannya. Final Fantasy XII ini juga memiliki cerita yang layak untuk diikuti sehingga waktu 60 jam itu tidak akan terbuang sia-sia karna adanya cerita yang menarik itu. Game PS4 ini juga memiliki beberapa misi rahasia sehingga membuatnya semakin lama untuk diselesaikan. Yah, kalau kamu berminat pas liburan saja deh mainnya.

2. Demon’s Souls (lama permainan tercepat 300 jam hingga tak terbatas waktu)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-2Demon’s Souls adalah game paling lama tamatnya rangking 2. Permainan berjenis action adventure ini setidaknya membutuhkan 300 jam permainan untuk menamatkannya. Namun selain itu, masih ada misi misi yang bisa dijalani lagi setelah kamu menamatkannya sehingga waktu untuk menamatkannya adalah tidak terbatas. Hal yang membuat game ini cukup menyita waktu untuk menamatkannya adalah karena kamu memerlukan kekuatan yang lebih tinggi untuk melanjutkan ke level selanjutnya dan disitulah keasyikan untuk game Demon’s Souls ini.

1. Disgaea (lama permainan tercepat 60 jam hingga tak terbatas waktu)

Game-Yang-Paling-Lama-Tamatnya-1Rangking pertama untuk game yang paling lama tamatnya adalah Disgaea. Meskipun Disgaea memiliki grafis yang hanya berupa 2D berwarna saja namun setidaknya kamu membutuhkan 60 jam permainan dan selanjutnya bisa dilanjutkan lagi permainannya hingga tak terbatas. Pembuat game ini seakan ingin membuat sebuah game RPG yang bisa terus menerus dimainkan tanpa mengenal adanya happy ending, eh.

Oke itulah 10 Game Yang Paling Lama Tamatnya yang bisa dihadirkan KitaTV.com. Selamat mencoba 🙂

SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here