5 Permainan Tradisional yang Masih Sering Dimainkan

0
45

Di zaman modern seperti saat ini, permainan tradisional mulai tergusur oleh aneka rupa permainan dari gadget, permainan tradisonal perlahan mulai hilang dan terpinggirkan. Tetapi tidak semua permainan tradisional itu lenyap dan tidak dimainkan sama sekali oleh anak-anak. Berikut adalah 5 permainan tradisional yang masih sering dimainkan.

1. Petak Umpet

Petak UmpetPetak Umpet sudah barang tentu bukan permainan yang asing di telinga kita. Meski zaman sudah semakin modern, dan anak-anak sudah dibekali berupa-rupa gadget, permainan yang satu ini tetap mempunyai tempat tersendri di hati anak-anak. Di dalam permainan ini, satu orang bertugas berjaga, kemudian anak-anak yang lain bersembunyi. Si penjaga tersebut harus mencari anak-anak yang bersembunyi hingga ketemu.

2. Kelereng

KelerengKelereng atau bisa juga di sebut gundu, adalah sebuah bola kaca berbentuk bulat yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Ada bermacam-macam cara memainkan kelereng, tapi pada umumnya semua punya aturan yang hampir sama, yaitu kelerang saling dibenturkan satu sama lain guna mencari pemenang dalam permainan ini. Kelereng yang mempunyai banyak motif dan corak merupakan daya tarik tersendiri agi anak-anak, tak jarang kelereng yang bercorak indah dijadikan sebagai barang koleksi.

3. Gobak Sodor

Gobak SodorPermainan ini mungkin akan sulit kita jumpai di sekitar kita, namun permainan ini sering kali diajarkan pada pelajaran olahraga di sekolahan. Anak-anak yang tak tahu tentang permainan ini karena tidak pernah menjumpainya di lingkungan sekitar, bisa mempelajarinya disekolah. Gobak Sodor mungkin adalah permainan yang sedikit rumit pada awalnya, namun apabila sudah terbiasa, permainan ini akan terasa sangat menyenangkan, meskipun juga akan cukup melelahkan.

4. Lompat Tali / Karet

Lompat TaliLompat tali adalah permainan sederhana yang sangat luar biasa. Tak jarang seorang altet loncat indah lahir dari permainan ini. Permainan yang menitikberatkan pada gerakan melompat pada berbagai macam ketinggian ini secara tidak langsung membantu badan kita untuk lebih lentur dan atletis. Permainan sederhana ini apabila ditekuni dengan serius, bisa membuka jalan kita menjadi atlet profesional.

5. Layangan

LayanganPermainan tradisional layangan sudah ada sejak jaman dahulu. Menerbangkan sebuah layangan adalah sebuah keasikan tersendiri, begitu juga dengan mengejar layangan yang putus, sensasinya luar biasa. Layangan putus biasa dikejar beramai-ramai oleh anak-anak, tak jarang pengejaran layangan putus ini membuat gaduh lingkungan sekitar.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY