8 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Pemula

0
56

Coding atau bahasa pemrograman adalah salah satu hal penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Dari coding tersebut, kita dapat membuat suatu sistem, aplikasi ataupun juga program. Untuk belajar coding pun semakin dipermudah karena kini ada 8 aplikasi belajar coding terbaik.

Aplikasi belajar coding ini sudah disesuaikan sehingga lebih mudah untuk dipahami dan diaplikasikan. Lalu apa saja aplikasi untuk belajar coding tersebut? Berikut detail dari aplikasi yang bisa Anda manfaatkan. Apalagi beberapa dari aplikasi tersebut tersedia gratis.

10. Encode

Encode adalah salah satu rekomendasi aplikasi belajar coding terbaik dari Android. Aplikasi ini menyediakan pembelajaran coding berbasis JavaScript. Aplikasi ini direkomendasikan karena sangat menarik untuk pemula.

Alasan pertama adalah karena Encode memiliki antarmuka pengguna yang interaktif dan aplikasi ini juga mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan tips dan tutorial yang menyeluruh dan mendalam untuk membantu menguasai bahasa pemrograman JavaScript.

9. Mimo

Mimo juga menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda bila mencari aplikasi belajar coding yang dirancang dengan beberapa pilihan pembelajaran yang berfokus pada apa yang ingin Anda pelajari. Antarmuka yang sederhana dan ramah untuk pemula.

Mimo gamify juga memberikan pembelajaran dengan sistem penghargaan. Harapannya peghargaan tersebut akan terus mendorong untuk terus belajar coding. Aplikasi ini menawarkan banyak bahasa pemrograman mulai dari Python, JavaScript, Java, HTML, CSS, SQL, Swift, Kotlin, C ++, SQL, dan PHP.

8. Programming Hero

Programming Hero menjadi rekomendasi lain untuk belajar coding secara personal dan menyenangkan. Dengan demikian, aplikasi ini bisa Anda gunakan bahkan ketika Anda tidak memiliki pengetahuian sama sekali dengan coding.

Tampilannya semakin menarik karena dihasilkan dengan tema luar angkasa. Programming Hero juga menawarkan kursus dalam pengembangan web dengan teknologi terkini dan pengembangan aplikasi smartphone pun sedang berproses.

Aplikasi ini menyediakan dasar-dasar bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, Bootstrap, dan DOM yang bisa Anda unduh untuk perangkat iOS dan Android secara gratis. Tertarik?

BACA JUGA:  Dialogue Mungkinkan Pemilik Mac Menelepon Dari Desktop

7. Sololearn

Rekomendasi aplikasi belajar coding terbaik selanjutnya adalah SoloLearn. Sololearn menawarkan tutorial dasar dan juga sangat mudah untuk pemula dengan berbagai metode seperti kuis. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi perkembangan dengan pengguna lain.

Beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari dari aplikasi ini adalah bahasa pemrograman yang populer seperti JavaScript, Python, SQL, HTML, CSS, Java, C ++, PHP, Ruby dan beberapa lainnya.

6. Khan Academy

Nama Khan Academy pasti telah lama dikenal sebagai salah satu program pendidikannya yang fleksibel, tidak terkecuali aplikasinya. Khan Academy juga menawarkan kursus dalam berbagai mata pelajaran termasuk pemrograman komputer atau coding.

Beberapa bahasa pemrograman yang disediakan adalah JavaScript, HTML, CSS, dan SQL. Alasan mengapa Khan Academy ini direkomendasikan adalah karena bisa digunakan secara gratis dan tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

5. Codecademy Go

Codecademy Go adalah versi aplikasi seluler dari program pembelajaran atau kursus online belajar coding dari Codecademy. Codecademy Go mungkin tidak memiliki fitur yang sama lengkapnya seperti platform web Codecademy.

Meskipun demikan, aplikasi ini tetap memberikan peluang besar untuk Anda belajar coding terutama untuk Anda yang masih pemula. Apalagi tampilannya sudah disesuaikan dengan ukuran smartphone yang lebih ringkas untuk digunakan dimana saja.

4. SpriteBox

SpriteBox merupakan salah satu rekomendasi aplikasi belajar coding terbaik bahkan untuk pemula seperti anak-anak. Aplikasi ini juga dikembangkan dengan basis game petualangan bertema coding. Disediakan tampilan seperti ikon yang sederhana dan menarik sehingga cocok untuk anak-anak.

Bahasa pemrograman yang akan dipelajari oleh anak-anak mulai seperti pengenalan sintaks Java dan Swift. Hanya saja untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus membayar dengan biaya hanya $ 4,99. Biaya yang sangat terjangkau untuk belajar dengan menyenangkan.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Penghitung Zakat, Yuk Jangan Sampai Lupa Kewajiban

3. Hopscotch

Aplikasi Hopscotch memang populer untuk dikhususkan belajar coding untuk anak-anak. Akan tetapi bukan berarti orang dewasa juga tidak dapat menikmati dan belajar dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini didesain untuk usia 9 tahun ke atas, Hopscotch menjadi taman bermain coding terbaik.

Dalam aplikasi ini, Anda akan diajak untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman dengan membuat kode game yang tersedia. Hopscotch juga menampilkan kompetisi dan berpartisipasi dalam Hour of Code. Sayangnya, Hopscotch hanya tersedia untuk perangkat iOS.

2. Tynker

Tynker adalah salah satu aplikasi pengkodean terbaik dan juga paling populer untuk anak-anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya lebih dari 60 juta pengguna aktif. Seperti Hopscotch, pengguna Tynker mempelajari keterampilan pemrograman dan pengembangan melalui permainan.

Untuk menggunakan jasa ini, Anda harus membayarkan paket individu di Tynker dengan biaya $ 60 triwulanan, $ 120 per tahun, atau $ 180 untuk paket seumur hidup. Tynker sayangnya baru tersedia untuk perangka iOS. Semoga juga segera tersedia di perangkat Android.

1. LightBot

Dari pengembang yang sama dengan SpriteBox, aplikasi LightBot menjadi salah satu aplikasi belajar coding terbaik untuk anak-anak melalui permainan pembelajaran. Pengguna LightBot nantinya akan diajak untuk memecahkan teka-teki yang terkait dengan logika pemrograman.

Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, aplikasi LightBot ini merupakan aplikasi berbayar yang kali ini bisa Anda gunakan baik untuk perangkat iOS dan Android. Namun untuk biayanya lebih murah yakni sebesar $ 2,99 atau tidak lebih dari 50 ribu rupiah apabila Anda membelinya.

Itulah beberapa aplikasi belajar coding terbaik untuk pemula. Apabila Anda tertarik, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk belajar atau mungkin mengenal terlebih dahulu tentang bahasa pemrograman. Semoga artikel ini bisa bermanfat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here