8 Video Game Tertua, Kamu Sudah Lahir?

0
23

Meskipun kesan video game selalu dihubungkan dengan permainan anak-anak, video game sebenarnya merupakan salah satu teknologi yang terus berkembang dengan perkembangan zaman. Jika dulu awalnya dimainkan pada komputer, kemudian arcade lalu pada konsol dan kini video games bisa dimainkan di smartphone. Nah berikut ini ada 8 video game tertua yang mungkin tidak kamu ketahui karena sudah terlalu tua.

8. Gran Trak 10

Di posisi kedelapan video game tertua ada Gran Trak 10. Setelah Space Race di poin ke 7 tidak berhasil, Atari melakukan upaya kedua untuk merilis game balap dengan judul Gran Trak 10. Meskipun Space Race sendiri juga merupakan game balap, Gran Trak 10 dianggap sebagai game balap mobil arcade pertama. Gim ini dikendalikan oleh roda kemudi, akselerator, dan pedal rem yang sebenarnya, dan tongkat persneling. Pengaturan ini di digunakan di hampir semua game balap arcade masa kini.

Loading...

7. Space Race

Space Race adalah salah satu video game tertua dan juga game kedua yang dirilis oleh Atari setelah kesuksesan Pong di posisi ke enam. Pengembangan Space Race dimulai pada musim panas 1972 dan pada awalnya disebut Asteroid. Itu didasarkan pada ide-ide dari pendiri Atari, Ted Dabney dan Nolan Bushnell. Space Race menginspirasi pengembang video game Jepang Taito untuk membuat game klon yang disebut Astro Race. Selain itu, Space Race terkenal karena menjadi salah satu video game arcade pertama.

BACA JUGA:  Stardock Akan Buat Reboot “Star Control”

6. Pong

Meskipun semua permainan dalam daftar video game tertua ini mempengaruhi industri video game dalam beberapa cara, kesuksesan Pong membuat industri video game menjadi bisnis yang booming. Pong diciptakan oleh Allan Alcorn sebagai pelatihan yang ditugaskan kepadanya oleh Nolan Bushnell, salah satu pendiri perusahaan video game yang baru diganti nama Atari (sebelumnya disebut Syzygy Engineering). Salah satu pendiri Bushnell dan Atari, Ted Dabney menyukai pekerjaan Alcorn dan memutuskan untuk membuat game. Atari merilis banyak sekuel untuk Pong dan merilis versi rumah dari permainan selama musim Natal 1975. Pong telah menjadi bagian dari budaya populer sejak dirilis.

BACA JUGA:  Sisi Positif Bermain Game

5. Magnavox Odyssey

Di posisi kelima video game tertua ada Magnavox Odyssey yang merupakan konsol video game rumahan pertama yang dirilis. Gagasan untuk konsol permainan video dikembangkan oleh Ralph H. Baer dan dia menghabiskan beberapa tahun mengembangkan prototipe bersama Bill Harrison dan Bill Rusch. Mereka menunjukkan prototipe mereka ke beberapa produsen sebelum Magnavox setuju untuk memproduksi konsol pada tahun 1971 kemudian Odyssey memulai debutnya pada musim gugur 1972 dan versi A.S. berisi 12 pertandingan. Permainan tambahan kemudian dijual terpisah kemudian pada tahun 1973. Permainan yang disertakan dengan Odyssey adalah Table Tennis, Ski, Simon Says, Analogic, Hockey, Football, Cat and Mouse, Haunted House, Submarine, Roulette, and States. Selain kartu permainan yang terpisah, Magnavox menjual pistol video game pertama sebagai pengontrol periferal.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here