Pembajakan Punch Club Karena Lokalisasi Bahasa

0
75

Masih ingatkah kamu dengan game simulasi petinju dengan judul Punch Club? Penerbit tinyBuild membagikan fakta tentang pembajakan game yang sudah dilakukan sebanyak 1,6 juta kali sejak awal dirilis.

Punch Club yang sekarang mendapatkan ekspansi gratis dengan judul The Dark Fist yang dikembangkan oleh Lazy Bear Games. Game ini sudah terjual 300.000 kopi di PC, iOS dan Android. Tapi, ternyata lebih dari 1,6 juta kopi yang dimainkan gamer di seluruh dunia adalah hasil pembajakan.

Punch Club dipasarkan dengan harga US$9,99 (atau sekitar Rp 130.000). Tapi, Punch Club ternyata sudah muncul di berbagai macam situs Torrent beberapa jam setelah dirilis. Akibatnya, Punch Club versi PC dan juga mobile telah dibajak lebih dari 1,1 juta kopi dan 500.000 kopi.

Uniknya, total pembajakan Punch Club di Brazil naik drastis setelah mendapatkan update bahasa Portugis. Ternyata gamer di Brazil lebih menyukai Punch Club dengan bahasa ibunya. Berbeda dengan Cina yang sudah membajak sebelum terdapat lokalisasi bahasa Cina. Tampaknya gamer Punch Club di Cina tidak terlalu bermasalah membajak game dengan berbahasa Inggris.

Di sisi lainnya, lokalisasi bahasa justru menarik para gamer Punch Club di Jerman dan juga Perancis. Keduanya adalah negara dengan persentase pembeli resmi yang terbesar dari total kopi game yang beredar.

Tanggapan yang berbeda dari berbagai macam negara menunjukkan jika lokalisasi bahasa bisa menjadi peredam sekaligus pemicu dalam pembajakan game, tergantung dari bahasa apa dan juga negara mana yang mau disasar.

Loading...
loading...
SHARE
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY