Siapa Bilang Gamer Tidak Punya Kehidupan Sosial?

0
795

Citra buruk yang menempel pada gamer selama ini memang cukup menyudutkan. Tidak bersosialisasi, tidak punya teman, jauh dari keluarga, itulah anggapan yang ada di masyarakat. Namun semua itu gugur sudah.

LifeCourse Associates telah melakukan survey kepada gamer dan non-gamer untuk meneliti perbandingan kehidupan sosial antara gamer dan non-gamer (orang yang tidak bermain game). Hasilnya cukup mengejutkan: Gamer hidupnya lebih baik dibandingkan non-gamers.

Untuk menyurvey para gamer, LifeCourse telah menunjuk Twitch, layanan streaming online khusus game. Twitch kemudian melakukan survey online kepada 1.200 gamer sebagai partisipan. Gamer yang dimaksud disini adalah orang yang telah memainkan video game dalam 60 hari terakhir.

“Dalam banyak kasus, para gamer masih digambarkan sebagai anak berkacamata yang seperti kutu buku atau orang yang terisolasi tanpa mengenal dunia luar,” jelas peneliti. “Mengingat betapa game telah menjadi sebuah hobi, harusnya gambaran negatif tentang gamer ini tidaklah benar.”

gamer-gamingMenurut penelitian ini, gamer lebih memiliki sifat sosial dibandingkan non-gamers. Hasil penelitian menyebutkan bahwa 72% gamers memainkan game bersama dengan teman-temannya.

Berikut adalah hasil survey dari penelitian ini (gamer vs non-gamer):

  • Meluangkan waktu dengan keluarga (82% vs 68%).
  • Meluangkan waktu dengan orang tua  (67% vs. 44%)
  • Mencapai pendidikan hingga kuliah (43% vs. 36%)
  • Yakin akan karirnya dimasa depan (67% vs. 42%)
  • Lebih cenderung memiliki karir yang diinginkan (45% vs. 37%)

Dari hasil di atas memang dapat disimpulkan bahwa gamer memiliki kehidupan sosial yang lebih baik dibandingkan non-gamer.

Jagex (developer dari game RuneScape) baru-baru ini juga melakukan survey kepada 1.000 gamer di UK (Inggris dan sekitarny) untuk membuat profil dari gamer yang bermain game di PC, dan menghasilkan hasil survey yang tidak jauh berbeda, yaitu gamer memiliki kehidupan sosial yang baik dan sukses di dunia kerja.

Wah hasilnya bagus sekali, jadi lebih semangat bermain game 🙂

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY