10 Musisi Tunanetra Yang Mampu Menggetarkan Dunia

0
174
No ratings yet.

Setiap orang pasti merasa terlahir dengan sempurna. Tak terkecuali 10 musisi tunanetra berikut yang terlahir buta maupun tiba tiba penglihatan mereka hilang, namun bukan berarti mereka merasa tak sempurna. Musisi-musisi ini menjadikan musik sebagai anugrah lain yang membawa hidupnya menjadi lebih sempurna dan mampu menghidupi kehidupan mereka. Berikut ini adalah 10 kisah singkat yang sudah dirangkum dan semoga menjadi inspirasi untuk kita semua.

10. Jean Langlais

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-10Jean Langlais adalah seorang musisi tunanetra yang terkenal sebagai komposer musik musik klasik Georgian. Jean berasal dari sebuah kota di Prancis dan kebutaannya tidak datang sejak lahir. Ketika dia berusia dua tahun dia mendadak buta karena Glukoma. Namun meskipun tak bisa lagi melihat, Jean bersemangat untuk menguasai alat musik organ dan kemudian mampu membuat ratusan karya klasik yang terkenal di Eropa dan Amerika Serikat. Jean meninggal pada usia 80 tahun di Paris, Perancis.

9. Ken Medema

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-9Ken Medema tidak hanya dikenal sebagai musisi tunanetra yang biasa saja. Ken juga dikenal sebagai penyanyi dan juga komposer. Terlahir di dunia tahun 1943, Ken lahir dengan kondisi yang tidak bisa terlihat. Pada umur 5 tahun dia belajar bermain piano dan mengenal musik lebih dalam melalui huruf braille musik tiga tahun kemudian. Total ada 26 album yang sudah dia sumbangkan pada dunia musik dan juga sebuah konsortium musikal yang dia temukan bernama Brier Patch Music.

8. Rod Clemmons

gambar rod clemmonsMusisi tunanetra selanjutnya yang menginspirasi adalah Rod Clemmons. Rod Clemmons yang juga merupakan musisi berkulit hitam ini banyak terinspirasi oleh sesama musisi tunaetra lainnya yakni Stevie Wonder. Rid dikenal dengan musik RnB, Funk dan Disco yang kemudian dia tampilkan dengan mengisi acara berpindah pindah di klub musik di Amerika Serikat.

7. George Shearing

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-7George Shearing adalah musisi tunanetra yang menginspirasi kita di nomor ke tujuh. George dikenal sebagai musisi jazz yang sudah menulis lebih dari 300 lagu. Dia memulai karir bermain piano jazznya di MGM hingga Capitol Records. Tak hanya itu saja, namanya juga selalu memuncaki tangga musik jazz Billboard selama lebih dari 4 dekade. George juga dikenal memiliki teknik bermain piano yang khas yang dikenal sebagai Shearing’s Voicing.

6. Ray Charles

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-6Ray Charles juga merupakan musisi tunanetra yang menginspirasi melalui nyanyian musiknya yang bergaya Georgian. Ray kehilangan penglihatannya ketika berumur 5 tahun waktu itu tanpa alasan yang pasti. Namun dia tak terus mengalami kegelapan dalam hidupnya, ketertarikannya pada musik yang terinspirasi dari seorang pemain piano Blues lokal menjadikannya sebagai sesosok pahlawan hidup yang menginspirasi di sekolahnya. Ray menjadikan musik RnB sebagai jiwa bermusiknya.

BACA JUGA  10 Alat Musik Unik Yang Pernah Diciptakan

5. Ronnie Milsap

gambar Ronnie MilsapRonnie Milsap juga merupakan musisi tunanetra yang menjadi legenda di dunia musik. Tak hanya itu saja, Ronnie bahkan sudah menunjukkan bakat bakat bermain musik profesionalnya ketika dia berusia 7 tahun. Album musik pertama yang dia rilis dengan judul Total Disaster menjadi sukses pertamanya di karir musik dan diikuti oleh tembang tembang hits lainnya seperti smoky mountain rain.

4. Nobuyuki Tsujii

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-4Pemuda asal Jepang ini bisa dijuluki bocah ajaib dengan kemampuan bermusiknya yang mendapatkan banyak penghargaan. Salah satu penghargaan yang dia dapat bahkan merupakan salah satu penghargaan yang langka diperoleh oleh musisi dengan usia muda, apalagi dalam hal ini Nobuyuki merupakan musisi tunanetra yang jelas memiliki keterbatasan. Bakat yang dimiliki oleh Nobuyuki terlihat pada umur 4 tahun ketika dia bisa memainkan lagu Jingle Bells dengan sebuah piano. Tak heran album pertamanya dirilis ke publik pada usia yang sangat muda yakni 12 tahun berjudul Street Corner of Vienna. Sejak saat itu, Nobuyuki terus berkontribusi bagi perkembangan musik di negara asalnya Jepang.

3. Stevie Wonder

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-3Nama Stevie Wonder sudah tak asing lagi bagi penikmat musik terutama musik R n B. Stevie juga merupakan pemain muda yang menandatangani kontrak karir bermusiknya pada usia yang sangat muda yakni 11 tahun! Bakatnya dalam bermusik terus melambungkan namanya dan salah satu lagu yang menjadi hits terbaiknya adalah lagu berjudul Fingertip. Karya karya Stevie tidak hanya menginspirasi banyak orang, namun musisi tunanetra ini juga menjadi inspirasi bagi mereka yang memiliki kekurangan yang sama untuk berkarya lebih jauh. Salah satu single terbarunya adalah Faith yang dia nyanyikan bersama Ariana Grande sebagai salah satu soundtrack musik film animasi SING yang juga menceritakan mengenai semangat tanpa melihat kekurangan diri.

2. Willie Johnson

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-2Willie Johnson memulai jalan karirnya dengan tidak mudah. Sebelum melambungkan namanya, Willie Johnson mengamen dijalanan, hingga akhirnya publik mengenali bakat Willie Johnson. Willie Johnson merupakan musisi tunanetra yang berjuang untuk hidup dengan musiknya. Willie banyak terpengaruh gaya bermain Eric Clapton dan menjadikan blues sebagai aliran bermusiknya.

1. Jeff Healey

Musisi-Tunanetra-Yang-Mampu-Menggetarkan-Dunia-1Jeff Healey adalah salah satu musisi tunanetra yang melegenda di aliran musik jazz dan blues. Jeff mengalami kebutaan setelah pada umur 1 tahun terkena kanker. Namun pada umur 3 tahun, Jeff mulai belajar mengenai musik dan memupuk skill bermai alat musik termasuk gitar. Setelah beberapa waktu kemudian, Jeff membentuk band blues nya sendiri yang diberi nama Jeff Healey Blues Band. Selain bermain dalam band, Jeff juga dikenal piaway sebagai seorang DJ.

Please rate this

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here