Musik klasik yang kebanyakan dimainkan dengan sebuah orksestra memiliki banyak penggemar di berbagai kalangan. Selain karena kemewahan tersendiri dari musik klasik, banyak peneliti mengatakan bahwa musik klasik baik untuk rangsangan otak manusia terutama ketika masih bayi. Nah baik bagi musisi maupun pendengar setia tentunya sangat menginginkan untuk bermain di sebuah orkestra besar yang dikomandoi oleh seorang konduktor di sebuah gedung megah. nah berikut ini ada 8 gedung orkestra terbaik yang menjadi impian banyak orang untuk menyaksikan pagelaran musik berkelas. Apa saja gedung tersebut dan dimana saja? Berikut ulasannya.

8. Culture and Congress Centre Concert Hall, Lucerne, Switzerland

Dibuka pada tahun 1998, Culture and Congress Centre Concert Hall di kota Lucerne, Switzerland menjadi salah satu gedung orkestra termegah yang pernah dibangun. Gedung orkestra terbaik ini dibangun dengan desain khusus sehingga musik musik yang dimainkan didalamnya akan menggema indah dan mseakan menjadi bagian dari salah satu instrumen orkestra. Bangunannya dibangun mirip seakan sebuah Katedral dengan pintu utama yang besar.

Loading...

7. Grosser Musikvereinssaal, Vienna, Austria

Gedung orkestra terbaik selanjutnya berada di kota Vienna, Austria. Gedung yang dikenal sebagai Grosser Musikvereinssaal ini merupakan rumah dari Vienna Philarmonic Orchestra yang sering menggelar pagelaran musik mereka yang berkelas. Gedung orkestra ini memiliki desain klasik dengan lampu lampu besar yang menggantung di tengah tengah hall. Beberapa konduktor terkenal pernah bermain disini seperti Brahms, Bruckner dan Mahler. Tak heran, pagelaran musik di gedung ini selalu dinanti nantikan kehadirannya.

6. Berlin Philharmonie, Germany

Gedung orkestra terbaik selanjutnya ada di Jerman yang bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri dibanding gedung gedung orkestea lainnya. Dibangun pada tahun 1963, arsitek yang membangun gedung orkestra ini berpendapat bahwa orang orang selalu berkumpul melingkar untuk mendengarkan sesuatu. Oleh karena itulah, para musisi yang bermain didesain berada di antara pnonton sehingga terdapat dua blok kursi di kedua sisi. Menarik bukan? Tentu saja sensasi yang berbeda ditawarkan untuk pagelaran musiknya.

5. Christchurch Town Hall Auditorium, New Zealand

Selanjutnya untuk gedung orkestra terbaik ada Christchurch Town Hall Auditorium yang berada di New Zealand. Gedung orkestra yang memiliki desain modern ini tidak hanya mengunggulkan desain bangunannya saja melainkan bagaimana banguannya tersebut menjadi pemantul suara dari para musisi orkestra sehingga penonton bisa mendapatkan sensasi musik live performance terbaik. Gedung orkestra ini sempat rusak akibat gempa bumi pada tahun 2011 dan kini masih dalam massa perbaikan hingga nanti pada tahun 2018 akan kembali dibuka untuk umum.

4. Philharmonie de Paris, France

Prancis tidak hanya menjadi kota mode saja, melainkan juga kembali menjadi kota budaya yang menampilkan budaya budaya Eropa yang megah tak terkecuali penampilan musik orkestra. Philharmonie de Paris, France menjadi salah satu gedung orkestra terbaik yang pernah dibangun di Eropa dengan desain atap yang memiliki banyak lengkungan sehingga menampilkan cahaya lampu yang indah. Selain itu, di gedung ini juga terdapat sebuah musium yang menampilkan berbagai sejarah tentang musik sejak abad ke 17.

3. The Sibelius Hall, Lahti, Finland

Finlandia menjadi tempat bagi gedung orkestra terbaik di dunia dengan nama The Sibelius Hall di kota Lahti. Gedung orkestra ini terletak di dekat pelabuhan kota Lahti dan baru diselesaikan pembangunannya pada tahun 2000 lalu. Meskipun demikian, gedung orkestra ini langsung menjadi bintang diantara gedung gedung orkestra lainnya. Keunikan bangunan turut serta menjadi nilai lebih bagi pendengarnya yang menampilkan suara efleksi dari grup orkestra yang bermain.

2. Tokyo Opera City Concert Hall, Japan

Di Asia sendiri ternyata tidak kalah dengan musik Eropa, terbukti salah satu gedung orkestra terbaik dunia ada di Jepang yakni tepatnya ada di kota Tokyo yakni Tokyo Opera City Concert Hall. Keunikan desain bangunan akan terlihat seketika anda memasuki gedung orkestra ini. Gedung ini terbilang unik karena berbentuk persegi panjang memanjang serta di bagian atapnya membentuk sebuah segitiga yang megah. Bagi penggemar akustik, gedung orkestra ini dikatakan sebagai yang terbaik untuk mendengarkan pementasan musik akustik.

1. Sala São Paulo, Brazil

Selain terkenal dengan tarian Samba nya dan juga berbagai stadium olahraga sepak bola, Brazil ternyata memiliki sebuah gedung orkestra terbaik di dunia. Sala São Paulo adalah nama gedung orkestra tersebut. Memiliki luas yang sama dengan gedung orkestra di Vienna, gdung ini memberikan sebuah ruang kolosal dimana permainan musik orkestra akan menggema dengan indah didalamnya.

SHARE
Kabuto
Movie and music are my live, and I won't take it for granted

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here