8 Lagu Hits Yang Mirip dan Disebut Plagiat

0
50
No ratings yet.

Membuat sebuah lagu yang kemudian menjadi hits atau menjadi tenar tidak selalu menjadikan lagu itu bebas masalah. Terkadang ada juga yang membuat sebuah lagu berdasarkan lagu lain sehingga disebut sebagai plagiat. Namun, beberapa juga ada yang dikarenakan hanya kebetulan sehingga lagu tersebut terdengar mirip. Nah berikut ini ada 8 lagu hits yang mirip sehingga bermasalah dan disebut sebagai hasil plagiat atau hasil meniru karya orang. Namun benarkah? Coba anda dengarkan sendiri lagunya.

1. Marvin Gaye – Got to Give It Up/Robin Thicke – Blurred Lines

Di posisi pertama lagu yang benar benar membawa masalah hukum bagi pemiliknya adalah Blurred Lines. Blurred Lines dikatakan merupakan lagu hits yang mirip dari mendiang Marvin Gaye yang berjudul Got to Give It Up. Alhasil keluarga Marvin Gaye melakukan tindakan hukum dan memenangkan pengadilannya dan mendapatkan 7,4 juta dollar atas kemiripan dari lagu tersebut yang dibawakan oleh Robin Thicke

2. Joe Satriani –  If I Could Fly/Coldplay – Viva la Vida

Coldplay yang merupakan band papan atas pun tidak bebas dari kabar miring soal plagiat. Coldplay yang mengeluarkan lagu berjudul Viva La Vida yang langsung menjadi hits ini dikabarkan mirip dengan salah satu musik instrumental dari seorang gitaris ternama Joe Satriani yang berjudul If I Could Fly. Namun kedua belah pihak langsung bertemu dan membahas lagu tersebut sehingga tidak ada langkah hukum yang diambil untuk lagu hits yang mirip tersebut.

3. Queen & David Bowie – Under Pressure/Vanilla Ice – Ice Ice Baby

Salah satu lagu hits yang mirip lainnya adalah lagu dari Vannila Ice yang berjudul Ice Ice Baby yang disebut sebut meniru intro dari lagu grup band legendaris Queen yang berjudul Under Pressure. Meskipun demikian tidak ada upaya hukum yang diajukan untuk mempermasalahkan lagu ini meskipun Vannila Ice harus membayar royalty untuk Queen dan David Bowie.

4. Huey Lewis-I want a new drug/Ray Parker Jr. – Ghostbusters

Lagu hits yang mirip selanjutnya adalah sebuah lagu soundtrack dari film fiksi ilmiah tentang hantu yakni Ghostbuster. Memiliki nada yang khas dan banyak dikenal, ternyata lagu Ghostbuster ini merupakan plagiarisme dari lagu milik Huey Lewis yang berjudul I want a new drug. Bahkan saking terdengar sama, seakan akan hanya lirik saja yang membedakan keduanya.

Please rate this

Loading...
1
2
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here