8 Musisi Indonesia Yang Pernah Diincar Pemerintah, Ketat Sekali Ya Dulu?

0
31

Seni seringkali memang digunakan sebagai alat kritik untuk pemerintah. Maka tidak heran jika pemerintah juga seringkali mengincar seniman terutama musisi yang membuat lagu dengan lirik-lirik yang sensitif membahas isu tertentu. Terkadang lirik-lirik tersebut memang disengaja ditujukan pada pemerintah, namun terkadang juga pemerintah yang terlalu sensitif menanggapi lirik lagu tersebut. Nah berikut ini ada 8 musisi Indonesia yang pernah diincar pemerintah, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya untuk anda.

8. Slank

Siapa yang tidak mengenal band slengean dari gang potlot ini. Slank adalah salah satu musisi Indonesia yang pernah diincar pemerintah yang diincar DPR karena lagunya. Lagu tersebut berjudul Gosip Jalanan yang pastinya sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Lagu yang dirilis pada tahun 2008 tersebut dianggap menyinggung anggota DPR. Slank sendiri menyatakan bahwa itu adalah bentuk dukungan terhadapĀ  KPK. Alhasil, konon ijin konser Slank dipersulit di berbagai kota.

Loading...
BACA JUGA:  5 Penyanyi Legendaris Indonesia

7. Betharia Sonata

Di posisi ke tujuh musisi Indonesia yang pernah diincar pemerintah ada penyanyi wanita legendaris kenamaan, Betharian Sonata. Penyanyi yang dikenal lewat lagu populernya berjudul Hati Yang Luka ternyata juga sempat dilarang oleh pemerintah atas perintah Menteri Penerangan saat itu yakni Harmoko. Lagu tersebut dilarang untuk diputar di TVRI dan radio RRI dengan alasan yang cukup sederhana yakni lagu tersebut dianggap lagu cengeng yang mematahkan semangat orang bekerja. Setuju?

6. Micky Jaguar

Selain musisi yang dicekal karena lagu-lagu berlirik tajam yang menyindri pemerintah, ada juga musisi Indonesia yang pernah diincar pemerintah karena aksinya yang diluar kewajaran yakni Micky Jaguar. Micky sendiri merupakan vokalis dari band Bentoel yang pada sebuah penampilannya sang vokalis mengambil seekor kelinci, menyembelihnya diatas panggung kemudian meminum darahnya. Alhasil karena tindakannya tersebut, Micky langsung diciduk oleh pihak berwajib.

BACA JUGA:  6 Musisi yang Bikin Resah Pemerintah Indonesia

5. Elpamas

Untuk kamu yang bukan generasi 70 an mungkin tidak mengenal salah satu musisi Indonesia yang pernah diincar pemerintah ini. Elpamas adalah sebuah grup musik yang dibentuk tahun 1983. Grup musisi ini dicekal pemerintah karena lagu lagu yang mengandung kritik sosial yang tajam menyindir pemerintahan saat itu. Salah satu lagunya yang kontroversial adalah lagu berjudul Pak Tua. Lagu ini menceritakan tentang sosok pengusaha yang sudah tua namun tidak ingin pensiun yang dianggap menyindir presiden saat itu.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here