Ngaku Anak Band? Ini 10 Band Melegenda Terbaik Dari Indonesia Yang Harus Kamu Tahu

0
73

Perkembangan musik di tanah air memang mengalami pasang surut. Namun beberapa dekade setelah era kemerdekaan yakni tahun 60an mulai bermunculan banyak grup musik atau istilah kerennya grup band yang menghasilkan karya karya sepanjang masa. Padahal pada masa itu media elektronik sangat sulit untuk ditemui, satu satunya alat komunikasi adalah dengan radio. Lalu siapa saja sih 10 band melegenda asli dari Indonesia? Berikut daftarnya.

Band Legendaris Terbaik Dari Indonesia Yang Harus Kamu Tahu

10. Sheila On 7

Meskipun Sheila On 7 baru muncul sekitar tahun 90 an atau lebih tepatnya pada tahun 1996 membuat band ini layak jika disebut salah satu band melegenda di tanah air. Alasannya, dilihat dari popularitasnya yang masih menyala hingga saat ini dan juga masih aktif bermusik. Grup band asal kota Yogyakarta ini memiliki anggota awal yakni Duta sebagai vokal, Adam pada bass, Eross dan Sakti pada gitar serta Anton pada drum. Pasang surut dunia musik ternyata tak banyak merubah ciri khas bermusik band ini. Meskipun pada akhirnya dua anggota utama yakni Sakti dan Anton yang harus keluar dan digantikan hanya oleh Brian.

9. Slank

Band nyentrik yang membawa genre pop rock, blues dan masih banyak lagi ini memang layak untuk disebut salah satu band melegenda dari Indonesia. Dibentuk tahun 1983 grup band ini mengalami beberapa kali pergantian anggota hingga menjadi sekarang ini. Dua karya yang melambungkan nama Slank adalah Maafkan dan Memang yang ada pada album pertama Slank. Nama Slank sendiri disebut sebut berasal dari kata slengean yang menggambarkan kepribadian mereka kala itu.

8. Kla Project

Kla Project mungkin lebih dikenal sebagai vocal group dari Katon, Lilo, Ari dan Adi. Namun sebenarnya Kla Project tempat mereka bernaung mereka berempat adalah sebuah band. Mengalami beberapa pasang surut, Kla Project tidak mengumumkan bahwa mereka bubar. Hanya saja memang banyak personilnya yang meninggalkan salah satu band melegenda di tanah air itu. Kerinduan dari para penggemarnya untuk melihat Kla Project kembali utuh mungkin akan sulit tercapai, karena semua personilnya sudah bersolo karir. Hanya saja pada beberapa momen, semua anggotanya berkumpul dan reuni yang salah satunya yang terbesar adalah Tribute to Kla Project di tahun 2011 lalu.

7. God Bless

Band melegenda tanah air yang mungkin memiliki ikon paling ikonik yakni rambut kribonya Ahmad Albar ini memang beda daripada yang lain. Selain Ahmad Albar, masih ada juga Ian Antono, Donny Fatah, Abadi Soesman dan Yaya Moektio yang menjadi personil abadi grup band ini. Pertama kali manggung di tahun 1972 pada sebuah event di Taman Ismail Marzuki, God Bless memuncak hingga 5 album telah mereka buat. Hanya saja pada tahun 90an, band ini tiba tiba hiatus tanpa kabar. Pada 2009 lalu pun akhirnya kelima personilnya mulai aktif lagi agar bisa meramaikan musik tanah air khususnya musik rock yang sangat jarang ditemui.

6. The Rollies

Band legenda selanjutnya adalah The Rollies. The Rollies mungkin adalah salah satu dari beberapa band melegenda yang meski sebentar namun menjadi salah satu hits pada tahun 60 hingga 80 an. Anggota dari The Rollies adalah Bangun Sugito sebagai vokal, Uce F.Tekol pada bass, Jimmy Manoppo pada drum, Didit Maruto, Marwan, Delly Joko Arifin pada keyboards/vokal, serta Teungku Zulian Iskandar pada saksofon.

loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here