Bambu dan Tiga Sahabat Musim Dingin

0
664
No ratings yet.

Dalam tradisi Jepang, satu kelompok 3 tanaman dikenal dengan sebutan Suihan Sanyou, yaitu “Tiga Sahabat Musim Dingin”. Alasannya adalah bahwa selama musim dingin, saat hampir seluruh tanaman lain kehilangan warna hijau mereka, pinus (matsu), bambu (take), dan plum (ume), bahkan di bawah salju, tahan terhadap dinginnya musim dingin. Secara keseluruhan, Suihan Sanyou merupakan simbol ketekunan dan ketahanan.

Tetapi secara terpisah, tiga tanaman ini juga melambangkan nilai-nilai tradisional: bambu, karena batang dari tanaman itu dapat bengkok saat diterpa angin tetapi tidak pernah patah, merupakan sebuah simbol dari fleksibilitas, sementara karena bambu terus berwarna hijau sepanjang tahun, hal tersebut merupakan simbol umur yang panjang.

Lebih dari itu, di Jepang pohon bambu biasanya ditanam dekat kuil atau candi untuk melindungi mereka dari roh jahat. Dan dalam beberapa contoh, candi itu sendiri yang dibangun di dekat sebuah hutan bambu, seperti Tenryu-ji dariKyoto, yang dibangun di sebelah rumpun bambu yang indah dari Arashiyama.

rumpun bambu di Arashiyama, Kyoto

 

Sumber: muza-chan.net

Please rate this

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here