Bermain Dengan Skrip Bahasa Jepang

0
473
Belum ada rating.

Bahasa Jepang adalah hal yang kreatif, paling tidak karena beberapa skripnya – kanji, hiragana dan katakana, ditambah ada penggunaan khas Jepang dari alfabet Romawi. Semua ini berarti bahasa Jepang itu merupakan impian bagi para copywriter mengaduk-aduk frase untuk iklan dan merupakan salah satu alasan mengapa poster dan iklan – terutama dalam kereta – menampilkan begitu banyak teks.

Kanji dan katakana memang rumit secara visual, membuatnya sulit dipelajari namun juga merupakan suatu sumber kesenangan yang berlimpah. Anak-anak dapat memperoleh banyak hal dengan bermain-main sambil belajar menggunakan skrip tersebut.

Salah satu yang paling terkenal adalah “wajah” Henohenomoheji yang dapat Anda buat menggunakan tujuh karakter hiragana.

Kini hadir Mojibakeru Kana, satu seri mainan berbentuk binatang yang dapat Anda pasang dan gabungkan untuk membentuk huruf katakana – dan sebaliknya. Nama mainan ini muncul dari “mojibake”, yang merupakan kata lokal untuk teks yang berantakan, seperti saat sebuah file komputer menjadi tidak beres dan yang dapat Anda lihat hanyalah teks yang berantakan yang tidak dapat diartikan sama sekali.

Terdapat versi Burung, Monyet, Ular, Tupai atau Gajah. Bentuk huruf katakana yang terpisah itu mengeja nama binatang itu dalam bahasa Jepang, dan kemudian dapat dikombinasikan untuk membuat versi ketik makhluk tersebut.

Jika Anda lebih menggemari minuman dan manga, maka Anda kini dapat membuat es atau coklat dalam bentuk “efek suara” buku komik katakana menggunakan Manga Kori Comic Ice.

Terakhir, satu lagi yang menyenangkan yang juga menggunakan efek suara yaitu Onomatopoeia Sound Karuta Card Speaker Game, yang menggabungkan audio dan kartu yang menguji skill pendengaran dan kosa kata Anda.

BACA JUGA  Riley, Karakter Anjing Di Call of Duty: Ghosts

Orang yang mengocok kartu memasukkan sebuah kartu ke belakang sebuah speaker yang menjadi bagian dari alat ini, yang kemudian menyuarakan sebuah kata, yang merupakan sebuah efek suara yang dapat Anda temui dalam manga. Ambillah kartu yang cocok dari dek di depan para pemain untuk mendapat nilai. Terdapat beberapa jenis permainan yang dapat Anda mainkan, tergantung dari jumlah pemain, termasuk kuis untuk melihat siapa yang bisa membuat kata-kata biasa dengan menghubungkan suara Onomatope yang berbeda yang dikeluarkan oleh speaker.

Jenis-jenis mainan ini sangat bagus untuk siapa pun yang mempelajari bahasa Jepang atau mencintai bahasa tersebut.

 

Sumber: japantrends.com

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here