Gion Matsuri, Tradisi Budaya Jepang Yang Masih Dilestarikan Hingga Kini

0
200
Gion Matsuri 2

Jepang dikenal sebagai bangsa yang punya peradaban maju dimana menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun sudah modern, orang orang Jepang tidak pernah lupa dan masih melestarikan budayanya hingga sekarang. Hal ini dapat dibuktikan dari banyak diadakannya festival festival hampir setiap bulan sepanjang tahun.

Mengadakan festival bukan berarti hanya untuk bersenang atau bersuka cita melainkan untuk menghormati para dewa yang sudah menjadi kepercayaan bangsa Jepang sejak ribuan tahun yang lalu. Tradisi budaya dalam bentuk festival itulah yang kerap menjadi magnet bagi wisatawan luar dari luar Jepang untuk datang dan melihat langsung kekayaan budaya klasik negeri Sakura.

Gion Matsuri 4

Jenis Festival Budaya Jepang Terkuno

Dari sekian banyak festival budaya Jepang terkuno yang sering diadakan setiap tahun, salah satunya disebut Gion Matsuri (festival Gion) yang sudah dilakukan sejak tahun 869 Masehi. Gion Matsuri selalu diadakan setiap tanggal 7 bulan Juli atau tepatnya saat musim panas Jepang. Perayaan Gion Matsuri berpusat di Kyoto yang mana tujuan awalnya ialah untuk berdoa kepada dewa kesehatan agar menghentikan wabah penyakit yang saat itu melanda Jepang.

Gion Matsuri 5

Awalnya Gion Matsuri hanya dilakukan pada saat saat tertentu saja, yakni ketika masyarakat Jepang kuno waktu ini sedang dilanda wabah penyakit, namun sejak tahun 970 Masehi festival Gion tersebut dikukuhkan secara acara tahun yang wajib dilakukan dan dapat kamu saksikan hingga sekarang ini.

Gion Matsuri 2

Jika berkunjung ke Kyoto saat musim panas bulan Juli, maka kamu dapat merasakan kemeriahan Gion Matsuri dimana saat itu banyak wanita Kyoto mengenakan Kimono musim panas (Yukata) dan sandal kayu tradisional Jepang (Geta). Selain itu bersamaan dengan Gion Matsuri, diadakan juga festival makanan di sepanjang jalan kota Kyoto, dimana disana kamu dapat menemukan berbagai macam makanan khas Jepang seperti Tokoyaki dan Tomorokoshi.

Gion Matsuri 21

Wisatawan Ikut Meramaikan Puncak Gion Matsuri

Puncak acara Gion Matsuri berlangsung dari tanggal 16 dan 17 Juli, dimana orang Kyoto akan melakukan Yoi Yama yang berarti membuka pintu rumah mereka sekaligus memperlihatkan kepada khalayak penyekat ruangan kuno yang dimilikinya. Sedangkan pada tanggal 17 Juli selalu diadakan parade kendaraan hias yang berbentuk kuil dan ditarik oleh lelaki Jepang yang juga mengenakan pakaian tradisional.

Gion Matsuri 1

Banyak wisatawan mancanegera yang datang untuk liburan musim panas tertarik mengunjungi Kyoto sekedar ingin melihat puncak perayaan Gion Matsuri dari dekat dan menikmati festival makanan tradisional di sepanjang jalan utama Kyoto.

Demikianlah penjelasan singkat dari KitaTV.com mengenai festival Gion Matsuri sebagai salah satu tradisi budaya Jepang terkuno yang masih diadakan setiap tahun hingga sekarang ini. Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Negeri Sakura, jangan lewatkan festival budaya Gion Matsuri.

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY