Yoshiwara, Daerah ‘Red-Light’ Di Edo Masa Silam

0
132

Selama masa Periode Edo, untuk mengontrol prilaku warganya, pemerintah Tokugawa membuat tiga “kota kesenangan” resmi, dikenal dengan istilah yūkaku (di barat dikenal dengan istilah red-light district). Kota ini terdapat di Kyoto, Osaka dan Edo.

Jika di Kyoto bernama Shimabara, maka tempat pria bersenang-senang di Edo adalah Yoshiwara, dimana awalnya terletak di tengah kota dan kemudian dipindah ke daerah di utara Asakusa.

Dengan jalan berpola garis-garis dan tertutupi tembok, Yoshiwara adalah tempat yang dijaga dengan ketat. Jalan masuk dan keluar hanya diperbolehkan melalui satu gerbang saja. Diceritakan bahwa dulu daerah ini dihiasi dengan banyak bunga sakura dan pohon willow, dan dimalam hari diterangi dengan cahaya merah dari lentera.

Walau dulu terkenal, tapi tidak ada yang tersisa dari peninggalan jaman dulunya. Sekarang kota Yoshiwara terlihat seperti kota tetangga Tokyo lainnya. Walau begitu, kita bisa mengunjungi lokasi film bernama Toei Uzumasa Eigamura, yang dibangun di Kyoto. Kita akan bisa melihat dan merasakan seperti apa suasana ‘red-light’ di Edo. Di dalamnya kita akan bisa mengunjungi jalanan dengan bangunan berwarna merah di kiri dan kanannya, bangunan ini dikenal dengan nama Yuujoya.

yoshiwara-toei-uzumasa-eigamura-kyoto
Toei Uzumasa Eigamura, Kyoto

 

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY