Hayao Miyazaki Jelaskan Mengapa Ia Pensiun

0
90
Belum ada rating.

Ada banyak pertanyaan mengenai mengapa animator Jepang terkenal Hayao Miyazaki akan pensiun. Hari ini di Tokyo, ia menjawab berbagai pertanyaan tersebut.

Paling dikenal untuk film-film seperti My Neighbor Totoro dan Princess Mononoke, Miyazaki berbicara terus terang mengenai keputusannya untuk pensiun dalam konferensi pers NicoNico yang disiarkan secara streaming, dengan mengatakan, “Aku tahu aku telah menyebutkan aku akan pensiun berulang kali di masa lalu, jadi aku tahu sebagian besar dari Anda akan berpikir, oh ini lagi. Kali ini adalah untuk yang sebenarnya.”

“Banyak sekali anime yang tidak bisa kukerjakan, namun banyak juga alasan mengapa kami tidak mengerjakannya. Banyak sekali ide yang muncul di benak kami, namun itu bukan hal yang seharusnya kusebutkan secara terbuka.”

Sutradara tersebut berbicara mengenai bagaimana keadaan matanya semakin memburuk, membuatnya semakin sulit untuk mengerjakan animasi. Ia juga menyebutkan bahwa tiap tahunnya, ia semakin segera meninggalkan mejanya.

Seorang wartawan mencatat bahwa pernyataan resmi mengenai pensiun Miyazaki itu menyatakan bahwa ia pensiun dari membuat film penuh. “Selama aku dapat mengemudi,” jawab Miyazaki, “aku akan pergi ke studio setiap hari. Namun jika ada satu hal yang ingin kulakukan, maka aku akan melakukannya.”

Miyazaki menyatakan bahwa ia butuh istirahat, dan ia tidak ingin menjanjikan apapun. Menurutnya, jika ia memikirkan [untuk membuat] film selanjutnya, akan membutuhkan waktu sekitar enam hingga tujuh tahun untuk menyelesaikan film tersebut. “Kurasa hari-hariku untuk membuat film penuh telah berakhir,” ujar sutradara berusia 72 tahun itu. “Jika aku berkata aku ingin [membuat sebuah film penuh], aku bakal terdengar seperti seorang tua yang mengatakan sesuatu yang bodoh.”

Dalam pernyataan resminya mengenai pensiunnya, Miyazaki menyatakan bahwa ia ingin bekerja “selama sepuluh tahun lagi.” Ia menambahkan bahwa bisa saja lebih pendek, karena Anda tidak dapat menentukan umur Anda sendiri, namun ia menginginkan sepuluh tahun yang tidak dipenuhi oleh produksi film penuh.

BACA JUGA  Kyary Pamyu Pamyu Akan Rilis Album Kedua

“Aku akan bebas,” kata Miyazaki. “Aku ingin melakukan sesuatu yang lain, dan itu bukan animasi.”

Miyazaki mengatakan bahwa ia ingin menjadi lebih terlibat dengan Museum Ghibli atas dasar sukarela. “Mungkin aku akan dipamerkan dalam museum itu,” canda Miyazaki.

 

Sumber: kotaku.com

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here