Mau Panjang Umur? Ikuti Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

0
354
Gaya Hidup Sehat Orang Jepang 3

Usia harapan hidup baik pria maupun wanita negara Jepang termasuk yang tertinggi di dunia. Disana banyak dijumpai orang berusia lanjut dan terlihat tetap sehat bahkan tak jarang ada yang berusia diatas 100 tahun yang masih mampu beraktivitas seperti biasa. Kondisi seperti ini sangat jarang terlihat di tanah air bukan? Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa orang Jepang bisa panjang umur? Penyebabnya karena gaya hidup sehat orang Jepang yang sudah menjadi tradisi masyarakat disana.

Studi para ahli melaporkan bahwa tingkat obesitas orang Jepang sangat rendah yakniĀ  kurang dari 4 persen, selain itu kasus terjadinya kanker,serangan jantung dan penyakit kronis lainnya juga termasuk rendah jika dibandingkan dengan negara maju lainnya seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa. Nah anda tentunya juga ingin panjang umur seperti orang jepang, silakan simak ulasan singkat mengenai gaya hidup sehat orang jepang dibawah ini.

Inilah 4 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Yang Wajib Ditiru

  • Makan Tidak Terlalu Kenyang

Orang jepang punya standar tersendiri saat mengkonsumsi makanan, dimana mereka akan berhenti apabila perut sudah terisi 80 persen, itu artinya sebelum kenyang mereka akan berhenti makan sehingga kebiasaan seperti ini justru menyehatkan saluran pencernaan.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang 6

 

  • Berjalan Kaki atau Naik Sepeda

Jika anda pergi ke Jepang, coba perhatikan pada saat jam jam pulang kantor di sore hari dimana dapat dipastikan jalan jalan dipenuhi oleh pejalan kaki yang hendak pulang ke rumah. Orang jepang itu lebih suka berjalan kaki atau naik sepeda jika menempuh jarak dekat padahal Jepang sebagai gudangnya produsen otomotif dunia.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang 3

 

  • Konsumsi Makanan Setengah Matang

Sudah menjadi kebiasaan orang Jepang yang suka mengkonsumsi berbagai makanan yang diolah setengah matang, bahkan ada juga beberapa menu makanan Jepang yang terbuat dari daging mentah segar. Nah makanan yang dimasak setengah matang seperti inilah mengandung nutrisi lebih banyak daripada makanan yang dimasak terlalu matang.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang 1

 

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Ketika santai kita mungkin suka dengan minuman dingin dan manis yang mengandung banyak gula, tidak demikian dengan orang jepang dimana disaat santai mereka lebih suka minum teh hijau yang kaya zat antioksidan sehingga wajar apabila orang jepang jarang terkena penyakit kronis.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang 2

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Yang Muncul Dari Faktor Sosial

Sebagian besar orang jepang beranggapan bahwa postur tubuh yang sedikit kurus itu lebih enak dipandang daripada memiliki tubuh gemuk. Kondisi semacam inilah yang memunculkan persepsi diantara mayarakat jepang yang menyebutkan bahwa tubuh kurus lebih baik sehingga perempuan jepang terutama pada kalangan remaja akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan cara mengurangi makanan berlemak dan tidak sehat. Dibandingkan daging, orang jepang lebih suka mengkonsumsi ikan tuna segar yang kaya dengan omega 3 dan sehingga secara tidak langsung pada akhirnya jumlah penderita obesitas juga sangat rendah.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang 5

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gaya hidup sehat orang Jepang yang bisa kita tiru, apabila ingin selalu sehat dan memiliki umur yang panjang. Jika orang jepang saja bisa, kenapa kita sebagai orang Indonesia tidak bisa melakukannya, asalkan ada kemamuan dan tekad yang kuat šŸ™‚

Simpan

Simpan

Simpan

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY