Sōmen, Mie Es Batu Untuk Musim Panas Di Jepang

0
244
No ratings yet.

Tahukah Anda satu hidangan Jepang yang dibuat khusus untuk ‘melawan’ musim panas? Namanya adalah Sōmen, yaitu mie Jepang yang dibuat menggunakan tepung terigu, namun tidak seperti mie Jepang lainnya, sōmen ini dihidangkan dingin dengan es batu yang dimasukkan ke dalamnya! Unik sekali kan?

Sōmen juga terlihat lebih tipis dibandingkan dengan mie Jepang lainnya seperti Udon atau Hiyamugi. Sōmen ini biasanya dihidangkan dengan saus celup yang rasanya ringan. Dapat juga disantap di musim dingin dan dihidangkan di dalam sup panas bernama Nyumen, namun diartikel ini kita akan fokus kepada cara menyantap sōmen di musim panas.

somenMungkin sukar untuk dilihat, namun terdapat bongkahan es di dalam mangkuk tersebut.

somen-02
Semangkuk Sōmen dilihat dari atas

Nagashi-sōmen adalah Sōmen yang dihidangkan dengan cara yang unik. Mie dari Nagashi-sōmen ditaruh dalam sebuah bambu panjang yang dibelah dua dan diberi aliran air es dan mereka yang akan memakannya harus menangkap Sōmen yang diluncurkan dari bagian atas potongan bambu tersebut dengan menggunakan sumpit. Sōmen yang tidak berhasil ditangkap oleh para penyantap tidak akan dimakan dan dianggap sebagai makanan yang terbuang, oleh karenanya ada sedikit tekanan untuk dapat menangkap sōmen tersebut dalam percobaan pertama.

somen-03-nagashi-somenSōmen lebih mudah dibuat dibandingkan dengan mie Jepang lainnya, dengan catatan bahwa terdapat supermarket yang menjual barang-barang Asia untuk Anda membeli mie Sōmen.

Hidangan ini nampak dipenuhi oleh budaya Jepang yang tertanam di dalamnya, namun tidak berarti Anda tidak dapat menyantapnya sambil bersenang-senang. Berkat Takara Tomy Arts, kini terdapat sebuah alat penghidang sōmen yang imut dan menyenangkan. Pada dasarnya alat ini adalah sebuah miniatur air terjun untuk Anda menyajikan Sōmen, namun tersedia juga cetakan plastik berbentuk penguin dan beruang kutub untuk mencetak es supaya hidangan ini dapat tersaji dengan lebih dingin. Jadi Anda akan merasa menyantap Sōmen ditemani dengan dua mahluk kutub tersebut, dan tentunya Anda akan dapat menyantap hidangan ini sembari bersenang-senang.

BACA JUGA  T-Shirt Interaktif “Dentsu x BEAMS Asoberu T-Shirt”

somen-04-takarasomen-05-takara

sumber: kawaiikakkoiisugoi.com

Please rate this

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here