Menara Tokyo yang Mengagumkan

0
559
No ratings yet.

Tokyo Tower atau Menara Tokyo adalah sebuah menara komunikasi dan observasi yang terletak di Shiba Park, Minato, Tokyo, Jepang. Dengan tinggi 333 meter (1.093 kaki), Menara Tokyo struktur buatan tertinggi kedua di Jepang. Struktur Menara Tokyo terinspirasi dari kisi Menara Eiffel dan dicat warna putih dan oranye internasional untuk mematuhi peraturan keselamatan udara.

Dibangun pada tahun 1958, sumber pendapatan utama menara ini adalah dari pariwisata dan penyewaan antena. Lebih dari 150 juta orang telah mengunjungi menara ini sejak pembukaannya. FootTown, sebuah gedung empat lantai yang terletak tepat di bawah menara, menjadi gedung yang diisi oleh berbagai museum, restoran dan toko. Berangkat dari sana, para tamu dapat mengunjungi dua dek observasi. Main Observatory dua lantai terletak di 150 meter (490 kaki), sedangkan Special Observatory yang lebih kecil mencapai ketinggian 250 meter (820 kaki).

Menara ini bertindak sebagai struktur pendukung untuk sebuah antena. Awalnya ditujukan untuk penyiaran televisi, beberapa antena radio dipasang pada tahun 1961, namun menara ini sekarang digunakan untuk menyiarkan sinyal untuk berbagai media Jepang seperti NHK, TBS dan Fuji TV. Namun rencana Jepang berkenaan dengan transisi menuju televisi digital yang dicanangkan pada bulan Juli 2011 menimbulkan sebuah masalah, karena ketinggian Menara Tokyo yang mencapai 333 meter tidak cukup tinggi untuk secara memadai mendukung penyiaran digital terrestrial penuh untuk area tersebut. Sebuah menara penyiaran digital yang lebih tinggi, yang dikenal dengan nama Tokyo Skytree, telah selesai pembangunannya pada tanggal 29 Februari 2012 lalu.

 

Sumber: en.wikipedia.org, alafista.com

Please rate this

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here