Mesin Kakigori (Es Serut) Tua

903

Selama jaman pertengahan, es serut yang diberi rasa teh atau berbagai sirup aneka rasa yang disebut kakigori adalah sebuah kemewahan yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang kaya saja; balok-balok es dikumpulkan semasa musim dingin dan disimpan dengan hati-hati di tempat-tempat penyimpanan es, sehingga saat musim panas es tersebut memiliki harga yang sangat mahal.

Loading...

Kakigori menjadi jenis makanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat biasa pada sekitar tahun 1900-an, saat toko kakigori pertama dibuka di Yokohama, menggunakan es yang dibawa dari Hakodate. Kemudian, pada tahun 1930-an, mesin es serut pertama tersedia dan dapat dibeli dan kakigori pun menjadi suatu jenis hidangan yang dapat di rumah-rumah.

BACA JUGA:  Sejuk di Musim Panas dengan Tradisi ‘Uchimizu’

Dalam mesin es serut tua, pisau-pisau pemotongnya beroperasi menggunakan engkol yang diputar menggunakan tangan dan, walaupun kini mesin tersebut sudah sangat langka, kita masih dapat menemukan mereka di daerah-daerah tradisional, seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini, difoto di jalan Omotesando dari Miyajima. Dan jika kita perhatikan baik-baik, serutan es yang dihasilkan dari mesin itu lebih lembut dan halus, jauh lebih baik daripada yang dihasilkan dengan menggunakan mesin elektrik modern.

BACA JUGA:  Kyoko Fukada & Keiko Kitagawa Akan Bintangi “Roommate”

 

Sumber: muza-chan.net

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here