Mesin Kakigori (Es Serut) Tua

0
790
No ratings yet.

Selama jaman pertengahan, es serut yang diberi rasa teh atau berbagai sirup aneka rasa yang disebut kakigori adalah sebuah kemewahan yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang kaya saja; balok-balok es dikumpulkan semasa musim dingin dan disimpan dengan hati-hati di tempat-tempat penyimpanan es, sehingga saat musim panas es tersebut memiliki harga yang sangat mahal.

Kakigori menjadi jenis makanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat biasa pada sekitar tahun 1900-an, saat toko kakigori pertama dibuka di Yokohama, menggunakan es yang dibawa dari Hakodate. Kemudian, pada tahun 1930-an, mesin es serut pertama tersedia dan dapat dibeli dan kakigori pun menjadi suatu jenis hidangan yang dapat di rumah-rumah.

Dalam mesin es serut tua, pisau-pisau pemotongnya beroperasi menggunakan engkol yang diputar menggunakan tangan dan, walaupun kini mesin tersebut sudah sangat langka, kita masih dapat menemukan mereka di daerah-daerah tradisional, seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini, difoto di jalan Omotesando dari Miyajima. Dan jika kita perhatikan baik-baik, serutan es yang dihasilkan dari mesin itu lebih lembut dan halus, jauh lebih baik daripada yang dihasilkan dengan menggunakan mesin elektrik modern.

 

Sumber: muza-chan.net

Please rate this

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here