Omamori, Jimat Keberuntungan Jepang

0
467
No ratings yet.

Salah satu adat istiadat Jepang yang paling populer, umum baik untuk tradisi Shinto maupun Buddha, adalah penggunaan jimat keberuntungan yang disebut omamori. Dijual baik di kuil Shinto maupun kuil Buddha, omamori sangat populer di Jepang dan hampir semua orang memilikinya, baik itu disimpan di dalam dompet, di dalam tas atau digantung di dalam mobil.

Jenis paling umum adalah kantung kecil terbuat dari kain sutera yang dapat dilihat dalam foto di bawah ini. Kantung kecil tersebut diisi dengan secarik kertas atau sepotong kayu kecil yang ditulisi doa-doa. Mamori 「守り」 memiliki arti “perlindungan”, tetapi tergantung pada doa yang ada di dalamnya, jimat tersebut dimaksudkan untuk keberuntungan, kesehatan, keselamatan lalu lintas, kemakmuran dalam bisnis, kebahagiaan rumah tangga, keberhasilan dalam mengerjakan ujian masuk, perlindungan selama masa kehamilan, cinta, dan masih banyak lagi.

Suatu fakta yang menarik adalah bahwa kantung omamori tidak boleh dibuka; bukan saja membukanya adalah suatu sikap tidak sopan, namun juga konon jimat tersebut akan kehilangan kekuatannya atau bahkan membawa kesialan…

 

Sumber: muza-chan.net

Please rate this

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here