Sejuk di Musim Panas dengan Tradisi ‘Uchimizu’

0
129
No ratings yet.

Jauh sebelum AC ditemukan, orang-orang Jepang menciptakan beberapa metode tradisional untuk menyejukkan diri selama hari-hari di musim terik. Sebagian membuat sejuk secara psikis, seperti furin (gantungan lonceng angin), sebagian lagi terasa lezat, seperti kakigori (es serut yang diberi sirup). Tentu saja, dimana-mana kita mudah mendapatkan kipas tangan, namun mungkin salah satu metode yang paling menarik untuk tradisi ini adalah uchimizu.

Dilakukan oleh orang-orang yang dengan elegan mengenakan yukata berwarna-warni, uchimizu adalah tradisi memercikkan air ke atas trotoar di depan rumah, toko atau di dalam taman khas Jepang, untuk menyejukkan area tersebut, membuat debu tidak beterbangan, dan… menyenangkan orang-orang yang lewat.

Untungnya, seluruh metode musim panas tradisional ini masih digunakan hingga saat ini, dan uchimizu adalah suatu tontonan yang wajib dilihat di satu tempat secara khusus: Akihabara, Tokyo. Di sini, setiap tahun pada awal bulan Agustus, diadakan atraksi uchimizu khusus di depan UDX Building, dilakukan oleh beberapa puluh Akihabara Maid yang terkenal, yang kesemuanya mengenakan kostum maid khas mereka.

Merasa sejuk? Mungkin saja secara fisik, tetapi tentu saja tidak secara psikis. Gadis-gadis maid tersebut sangat “hot”!! ^_^

 

Sumber: muza-chan.net

Please rate this

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here