10 Aplikasi Desain Untuk Smartphone Terbaik, Yang Suka Gambar Wajib Instal

0
297

Smartphone ternyata juga banyak dimanfaatkan sebagai media menggambar meski ada keterbatasan layar. Namun dengan aplikasi desain untuk smartphone dan juga tambahan alat berupa stylus, banyak desain grafis indah yang bisa dihasilkan.

Berikut ini ada 10 aplikasi desain profesional yang bisa kamu gunakan untuk menggambar baik itu ilustrasi, desain produk atau menggambar sketsa layaknya aplikasi desain di komputer. Bahkan beberapa dari aplikasi tersebut tidak berbayar atau gratis.

10. Infinite Painter

Aplikasi desain untuk smartphone yang pertama adalah Infinite Painter. Aplikasi ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis dari Playstore maupun AppStore. Ada banyak kelebihan dari aplikasi ini selain karena gratis, mulai dari kemudahan mengakses brush serta fitur lainnya.

Tak hanya itu saja, dengan aplikasi ini kamu bisa menggabungkan banyak gaya menggambar
mulai dari cat air, cat basah dan juga lainnya. Fitur selection dan juga layer yang cukup lengkap seperti simetri dan masking juga bisa kamu gunakan.

9. Comic Draw

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mendesain atau menggambar adalah Comic Draw. Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan untuk mendesain sebuah komik karena kamu dimudahkan dengan adanya setting panel layaknya komik di ruang gambar kamu.

Aplikasi ini sayangnya baru tersedia untuk perangkat iOS saja dan kamu bisa menggunakannya secara gratis. Semoga saja aplikasi ini bisa segera menyusul untuk perangkat Android.

8. ArtFlow

Di posisi ke delapan aplikasi desain untuk smartphone terbaik ada ArtFlow. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai menggambar dengan gaya sketsa pensil atau juga pastel. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secaraa gratis dan hanya tersedia untuk perangkat Android saja.

Dengan total lebih dari 80 brush, kamu bisa mendesain atau menggambar dengan maksimal 18 layer dalam satu gambar. Namun itupun sudah cukup baik mengingat kamu menggunakannya di smartphone. Aplikasi ini akan lebih canggih bila dipadukan dengan stylus profesional.

BACA JUGA:  8 Aplikasi Yang Diblokir Pemerintah Indonesia, No.4 Paling Aneh

7. SketchClub

Di posisi ke tujuh ada SketchClub yang mana merupakan aplikasi yang hanya tersedia untuk perangkat iOS saja. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi berbayar sehingga kamu harus merogih kocek sekitar 100 ribuan rupiah.

Aplikasi SketchClub ini ditujukan tidak hanya untuk menggambar saja, melainkan juga desain dan juga manipulasi foto termasuk kamu gunakan untuk tipografi atau seni dalam mengatur tulisan agar tampil menarik. Tertarik?

6. Affinity Designer

Salah satu aplikasi desain untuk smartphone terbaik adalah Affinity Designer. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena dengan aplikasi ini kita bisa mendesain gambar dengan basis vector sekalipun. Tentunya ini fitur yang sangat membantu para desainer grafis.
Hanya saja aplikasi ini hanya disediakan untuk perangkat iOS dan juga kamu perlu merogih kocek sampai 150 ribu rupiah untuk menggunakannya. Namun bila kamu memang kaum profesional dan desain adalah pekerjaanmu, tidak ada salahnya membeli aplikasinya,

5. Adobe Photoshop Sketch

Nama Adobe Photoshop bukanlah nama asing di telinga para desainer dan orang awam sekalipun. Nah, Adobe juga merilis aplikasi desainer mereka dengan nama Adobe Photoshop Sketch yang bisa digununakan untuk perangkat baik Android maupun iOS sekalipun.

Asyiknya lagi, aplikasi desain ini bisa digunakan secaraa gratis dan apabila kamu memiliki akun Adobe, semua hasil karyamu akan tersinkronisasi baik di komputer, tablet maupun smartphone. Memang ditujukan untuk kaum profesional, tapi tidak ada salahnya kamu belajar.

4. Autodesk Sketchbook

Disediakan dengan gratis tanpa biaya apapun, Autodesk Sketchbook adalah salah satu aplikasi desain untuk smartphone terbaik yang patut kamu coba. Autodesk dikenal sebagai berbagai program desain profesional di komputer, namun untuk yang satu ini kamu bisa pakai di android atau iOS.

Selain gratis, fitur dari aplikasinya juga sangat lengkap mulai dari banyak koleksi brush hingga fitur fitur lainnya yang mendukung. Untuk kamu yang masih merupakan pemula ada baiknya kamu menggunakan aplikasi ini untuk berlatih.

BACA JUGA:  8 Smartphone Full Display Terbaru dan Termurah, No.2 Harganya Cuma 900 Ribuan!

3. Concepts

Selanjutnya ada Concepts yang merupakan aplikasi desain untuk smartphone yang mana dikhususkan untuk pengguna iPad dengan pasangan Apple Pencilnya. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pekerja studio seperti Disney, Playstation hingga Unity.

Uniknya aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis, fitur fitur didalamnya juga snagat cocok untuk menggambar teknik seperti desain bangunan dan sebagainya. Tidak ada salahnya untuk kamu mencoba aplikasi yang sangat mendetail ini.

2. Clip Studio Paint Ex

Di posisi kedua aplikasi desain untuk smartphone ada Clip Studio Paint Ex atatu yang dikenal sebagai CSP. Aplikasi ini sangat populer di mata para desainer terutama desainer ilustrasi. Tak hanya untuk smartphone baik iOS dan juga Android saja, aplikasi ini juga punya versi desktop.

Hanya saja untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus merogoh kocek setiap bulan atau setiap tahunnya karena aplikasinya disediakan secara berlangganan. Namun apabila kamu memang merupakan profesional di bidang desain, aplikasi ini wajib kamu beli.

1. Procreate

Di posisi puncak ada Procreate yang sudah memiliki nama di telinga para ilustrator karena kemudahan dalam penggunaannya. Tidak hanya sebagai aplikasi desain untuk smartphone saja, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mendesain animasi.

Hanya saja Procreate hanya berforkus mengembangkan aplikasinya di perangkat iOS saja, dan kamu harus membelinya dengan harga 150 ribu rupiah untuk iPad dan 75 ribu rupiah untuk perangkat iPhone.

Sebagai tips, untuk kamu yang masih merupakan pemula di bidang desain ada baiknya menginstal aplikasi yang gratis dulu. Jangan khawatir, di YouTube kamu bisa menemukan berbagai tips dan trik untuk memaksimalkan hasil karyamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here