5 Penemuan Teknologi yang Diciptakan Secara Tidak Sengaja

0
229

Sejatinya, teknologi merupakan berkah yang diciptakan demi kemudahan umat manusia. Dengan bantuan teknologi, maka kita dapat memangkas jarak dan waktu secara lebih nyata. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa penemuan yang ada saat ini, ditemukan secara tidak sengaja? Namun, malah dari ketidaksengajaan itulah tercipta penemuan-penemuan maupun teknologi-teknologi yang mampu memudahkan manusia. Berikut ini kita akan suguhkan 5 penemuan teknologi yang diciptakan secara tidak sengaja oleh manusia.

1. Alat pacu jantung

alat pacu jantung
Alat pacu jantung adalah penemuan teknologi yang diciptakan secara tidak sengaja. Seorang insinyur asal amerika, Wilson Greatbatch, ketika sedang membuat alat dan mendekatkannya ke jantungnya sendiri, ternyata alat tersebut merespon dan jadilah alat itu sebagai alat pacu jantung yang kita kenal saat ini.

 

2. Ban

ban
Ban, adalah salah satu penemuan teknologi yang begitu penting dalam peradaban manusia urban. Namun tahukah Anda, bahwa penciptaan ban yang dapat tahan terhadap panas dan dingin ditemukan secara tidak sengaja? Adalah seorang Charles Goodyear yang tidak sengaja menumpahkan sejumlah karet dan sulfur ditengah-tengah Loyang yang sangat panas. Dari situ malah tercipta seonggok ban yang ternyata dapat tahan terhadap panas dan dingin. Setelah itu sejumlah pembuktian membuktikan bahwa karet dan sulfur dapat membuat campuran karet yang sangat baik dan tahan lama, untuk kemudian menjadi bahan baku ban.

 

3. Sabun

sabun
Sabun juga adalah penemuan teknologi yang tidak sengaja. Jadi, pada saat sebuah pabrik sabun sedang istirahat, para pekerjanya lupa mematikan mesin pembuat sabun. Sabun yang telah tercampur dengan udara, malah disukai oleh para konsumennya. Maka sabun mereka produksi setelahnya adalah sabun yang sama yang kita jumpai sekarang.

 

4. Sakarin

sakarin
Sakarin ditemukan secara tidak sengaja oleh penemunya, Constantine Fahlberg. Penemuan ini bermula ketika ia lupa membersihkan tangannya yang terkena cairan yang ia buat sebelumnya di ruangannya. Ketika ia memegang roti dan mulai memakannya, ternyata roti itu terasa manis yang sedikit aneh yang lantas disebut dengan sakarin.

5. Penisilin

penisilin
Penisilin adalah penemuan terbaik sepanjang masa yang dibuat secara tidak sengaja. Ketika Alexander Fleming sedang keluar dari tempat kerja, ia mendapati bahan organic yang ia proses telah ditumbuhi oleh jamur namun tidak ada bakteri yang mau mendekat. Lantas, bahan organic tersebut diproses secara lanjut untuk menjadi penisilin.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY