5 Teknologi Jaman Dulu Yang Kini Telah Tidak Ada Lagi

0
47
Greek Fire

Dewasa ini, penciptaan teknologi begitu massif dan sangat pesat sekali. Ada begitu banyak penemuan-penemuan yang spektakuler nan dapat membuat kita tercengang ketika melihatnya. Namun, keberhasilan ilmuwan dan professor kita sekarang ini dalam menciptakan suatu alat, tidak dapat dilepaskan dari jasa-jasa orang-orang terdahulu yang lebih dulu membuat penemuan-penemuan yang menjadi pionir penemuan-penemuan sekarang ini. Maka, berikut ini kami akan berikan ulasan tentang 5 teknologi jaman dahulu yang sayangnya saat ini tidak dapat kita saksikan lagi karena telah punah.

1. Greek Fire

Greek FireMisteri mungkin akan selalu menyelimuti teknologi yang telah punah dari bangsa Konstantinopel ini. Bayangkan saja, pasukan Konstantinopel telah menemukan sebuah alat yang dapat menembakkan api untuk kapal musuh ribuan tahun yang lalu. Sebuah alat yang mirip dengan bom napalm sekarang ini sayangnya dihancurkan oleh Konstantinopel sendiri sesaat sebelum kehancurannya agar tidak jatuh ke tangan bangsa lain.

2. Antikythera Mechanism

Antikythera Mechanism
Antikythera mechanism merupakan sebuah alat berteknologi jaman dahulu yang puing-puingnya ditemukan oleh para penyelam di sekitar pulau antikythera. Mesin tersebut terdiri atas beberapa bagian roda, paku, dan pengait ini begitu rumit dan presisi sehingga dapat dikatakan mesin yang begitu canggih di jaman itu.

3. Baja Damaskus

baja damaskus
Baja damaskus adalah baja yang terdiri atas beberapa lapisan besi dan baja yang disusun oleh pandai besi di timur tengah pada abad pertengahan. Namun baja damaskus kini tidak bisa diproduksi lagi. Teknologi yang dipakai oleh pandai besi timur tengah untuk membuat baja ini diklaim begitu modern hingga membuat baja ini menjadi sangat tangguh dan kuat.

4. Sloot Digital Coding System

Sloot Digital Coding System
Adalah sebuah system teknologi yang mampu mengkompres sebuah file 10 GB menjadi hanya sebesar 8 kb saja tanpa mengurangi kualitas file tersebut. Namun naas, sang penemu, Jan Shoot (1945-1999) meninggal satu hari sebelum dapat mematenkan system tersebut.

5. Semen romawi

semen romawi
Bangsa romawi terkenal karena dapat menggunakan semen secara sempurna bahkan sejak dahulu kala. Romawi diklaim mempunyai teknik khusus dalam pembuatan semennya yang terdiri dari beberapa elemen yang membuat bangunan menjadi kuat. Sayangnya, tidak ada satu perkamenpun yang menjelaskan apa saja elemen-elemen yang digunakan romawi pada waktu itu.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY