5 Tips Menjaga Privasi Di Dunia Online

0
69

Perkenalkan Mary Galligan, dia adalah ketua tim cyber dan operasi khusus FBI di New York — operasi pengawasan terbesar yang dimiliki oleh FBI. Ini termasuk menangkap hacker, seperti “Sabu” (salah satu hacker terkenal), yang kemudian menggunakannya untuk menangkap hacker lain.

Jika ada orang yang paham betul tentang pengawasan dunia cyber, Mary Galligan lah orangnya.

Galligan sekarang adalah direktur di konsultan keamanan dan privasi Deloitte, dan dia membagi tips bagaimana cara menjaga privasi diri kita di dunia cyber/maya.

140625142608-mary-galligan-privacy-620xa
Mary Galligan

 

1. Gantilah password sekali dalam sebulan. Password adalah kunci untuk masuk ke dalam hidup kita. Jika penjahat berhasil mendapatkan akses email atau akun online lainnya, maka akan jadi sangat mudah bagi mereka untuk masuk ke dalam aspek lain hidup kita.

Adobe, AOL, eBay, Kickstarter and Yahoo memiliki gangguan keamanan dalam beberapa bulan terakhir, jadi dapat diasumsikan bahwa password yang kita miliki telah bocor atau diketahui pihak lain.

2. Berikan informasi yang salah tentang diri kita. Setiap kali penjaga toko atau SPG menanyakan kodepos atau nomor telepon tempat tinggal kita, data teersebut dikumpulkan. Jadi para penjual tidak akan hanya memiliki database tempat dimana kita tinggal, tapi mereka juga akan tahu hal lainnya, seperti gaji, data kredit dan kapan kita ulang tahun.

Pembobolan data yang baru-baru ini terjadi — seperti Target hack yang terjadi tahun lalu — menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan yang mengumpulkan data kita ternyata tidak cukup bertanggung jawab dalam menjaga informasi tersebut. Itu sebabnya Galligan mengatakan dia selalu memberikan nomor telepon dan kodepos yang bukan miliknya.

3. Perlu foto identitas? Jangan menunjukkan SIM kita kepada orang lain. Ini adalah aturan dasar dari privasi. Jangan memberikan informasi melebihi yang dibutuhkan, karena di SIM kita terdapat tanggal lahir dan alamat.

4. Jangan gunakan apps untuk mengakses bank anda. Gilligan mengatakan bahwa dia sangat hati-hati terhadap rekening bank miliknya. Walaupun kebanyakan kartu kredit memiliki perlindungan terhadap penipuan, tidak untuk rekening tabungan kita.

Karena begitu mudah komputer dan smartphone terinfeksi malware yang akan memata-matai kita, Galligan tidak berbelanja online atau mengakses rekeningnya menggunakan komputer atau smartphone yang sama.

5. Gunakan satu email khusus untuk email junk/spam. Ketika ada marketing atau sales dari perusahaan yang menanyakan email kita, berikanlah email tersebut.

Begitu kita memberikan email, maka email tersebut akan dibombardir dengan spam dan iklan yang mengganggu. Dengan memberikan email khusus junk, maka email asli kita akan terlindungi dari junk dan spam. Dan ketika perusahaan tersebut terkena hack, akun email kita yang asli akan aman.

 

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY