8 Cara Meningkatkan Performa PC Untuk Game

0
42

Bermain game adalah sebuah keasikan tersendiri yang tidak semua orang bisa memahaminya. Itulah mengapa beberapa orang dengan bangga memanggil dirinya sebagai gamer atau pemain game. Namun hal itu sebenarnya bukan selalu menjadi hobi yang negatif. Selain untuk menyalurkan energy dan waktu kita kearah yang lebih baik dan jauh dari kegiatan negatif, bermain game juga bisa meningkatkan kemampuan teknologi kita. Nah bagi kamu yang sudah mulai merasakan PC mu berat untuk menjalankan game game terbaru, berikut ini ada 8 cara meningkatkan performa PC untuk game yang bisa kamu lakukan.

1. Memperbaharui Driver Kartu Grafis

Kartu grafis adalah salah satu hal yang paling essensial dari sebuah game PC. Dengan kartu grafis ini PC kamu akan menyajikan gambar yang menakjubkan yang mungkin sulit untuk disaingi konsol konsol game lainnya. Namun tentu saja, untuk memainkan game game terbaru dengan kualitas terbaik tidak selalu kamu harus memperbaharui kartu grafis yang kamu miliki. Untuk cara meningkatkan performa PC untuk game, ada kalanya kamu hanya perlu untuk memperbaharui driver dari kartu grafismu saja. Jika sudah tidak mendapatkan pembaharuan, mungkin itulah saat yang tepat untuk membeli yang baru.

Loading...

2. Hapus Program Lama

Baik PC mu atau Laptopmu merupakan sebuah perangkat untuk bermain game atau hanya sekedar untuk menemani pekerjaan atau aktifitas kamu, akan lebih baik dan sangat baik jika kamu rajin membersihkan program komputermu dari program yang jadul. Hal ini juga menjadi salah satu cara meningkatkan performa PC untuk game agar lebih ringan dan yang pasti akan semakin lancar untuk bermain game.

3. Overclock

Bagi kamu yang sudah memahami seluk beluk computer, tidak ada salahnya untuk mencoba cara meningkatkan performa PC untuk game yang satu ini yakni dengan melakukan overclock prosesor. Namun sebelum kamu mencoba melakukan overclock, kamu sebaiknya pastikan apakah prosesormu adalah jenis prosesor yang memungkinkan melakukan overclock atau tidak. Cara untuk overclock sendiri ada beberapa macam dan beberapa perangkat lunak yang bisa kamu cari di internet.

4. Matikan Superfetch dan Prefetch

Salah satu cara meningkatkan performa PC untuk game bagi kamu yang memiliki windows 8 keatas adalah dengan mematikan superfetch dan prefetch. Kedua fitur ini lah yang membuat windows 8 terasa lebih cepat daripada windows sebelumnya. Superfetch bermanfaat untuk memprediski aplikasi apa yang akan dibuka sedangkan prefecth adalah informasi tentang file yang akan dimuat aplikasi. Kedua fitur ini akan memberatkan apabila tidak memiliki SSD pada laptop atau komputer.

5. Defrag atau TRIM memori

Salah satu cara meningkatkan performa PC untuk game adalah melakukan perawatan pada memori atau hardisk yang kamu miliki. Cara perawatannya? Tentu saja dengan melakukan proses cleaning, defrag atau TRIM memori. Dengan demikian hardisk anda akan bekerja kembali dengan penyegaran yag sebelumnya. Alhasil proses transfer game akan lebih baik lagi.

6. Atur Control Panel AMD/ATI

Cara meningkatkan performa PC untuk game ini adalah untuk anda yang bergantung pada kartu grafis AMD atau ATI. Atur kembali melalui control panel yang tersedia untuk AMD/ATI pada computer atau laptop anda. Jika anda kebingungan untuk memilih setting yang pas kamu bisa mencari informasinya di ineternet dan mengaplikasikannya di komputer kamu.

7. Adjust the NVIDIA Control Panel

Cara meningkatkan performa PC untuk game selanjutnya ada untuk kartu grafis kamu yang membawa nama NVIDIA. Sama seperti AMD/ATI, NVIDIA juga memiliki sebuah control panel yang akan membantu penggunanya dalam menemukan kalibrasi yang pas sehingga kartu grafis bisa bekerja maksimal di perangkat komputer kamu. Jika bingung dengan bahasanya, kamu bisa mencari settingan yang pas dan sesuai dengan versi kartu grafismu di internet.

 

8. Upgrade Hardware

Hal terakhir yang pastinya ingin dihindari oleh para gamer adalah untuk memperbaharui hardware dari komputer kamu. Bagaimana tidak, harga dari kartu grafis atau hardware lainnya mungkin sangat mahal sehingga mungkin kamu perlu berpikir ulang bagaimana caranya agar terus bisa bermain game. Salah satu cara meningkatkan performa PC untuk game dengan memperbaharui hardware dengan harga yang terjangkau bisa dilakukan dengan cara membeli bekas atau menjual perangkat hardware yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Dengan demikian kamu tetap mendapatkan performa terbaik.

SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here