8 Langkah Agar Memori Internal Smartphone Lega

0
17

Memori internal adalah salah satu bagian penting yang menentukan performa sebuah smartphone android. Dengan memori yang penuh dan sesak, smartphone tidak akan dapat bekerja secara optimal dan sudah pasti akan melambat di setiap geraknya karena keterbatasan. Oleh karena itulah, akan lebih baik jika anda tetap menjaga kapasitas memori internal anda untuk tetap lega setidaknya diatas 30%. Lalu apa saja langkah agar memori internal smartphone lega? Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini yang sebagian besar tidak membutuhkan root.

8. Simpan Ke External

Loading...

Yang pertama yang bisa anda lakukan sebagai langkah agar memori internal smartphone lega adalah dengan menyimpannya ke memori eksternal. Memang tidak semua aplikasi bisa dipindah ke memori eksternal, namun beberapa yang bisa dipindah akan membuat memori internal anda lebih lega. Meskipun tidak sepenuhnya dari sebuah aplikasi bisa dipindah, namun umumnya data data besar yang dibutuhkan aplikasi bisa dipindahkan dengan bebas ke memori eksternal.

7. Gunakan Aplikasi Pembersih Bawaan

Salah satu yang akan terus memenuhi smartphone anda adalah cache dari aplikasi aplikasi yang anda sudah gunakan. Memang cache ini akan berguna agar aplikasi bisa terbuka secara cepat, namun apabila memori internal penuh tentu sama saja anda akan mengalami proses yang lama. Salah satu langkah agar memori internal smartphone lega adalah dengan membersihkan cache dan semua data yang tidak terpakai dengan menggunakan aplikasi pembersih. Namun akan lebih baik jika aplikasi pembersih tersebut merupakan bawaan di smartphone sehingga anda tidak perlu menambah memori dengan menginstal yang baru.

6. Hapus/Disable Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan seringkali tidak begitu anda butuhkan. Hal ini biasanya terjadi apabila smartphone anda harus melalui distributor. Umumnya smartphone akan berisi aplikasi aplikasi yang semestinya tidak ada dalam ROM originalnya. Langkah agar memori internal smartphone lega untuk ini adalah tentu saja menghapus aplikasi bawaan tersebut sehingga akan membantu mengurangi beban memori internal agar lebih lega.

BACA JUGA  Sadako 3D 2 Akan Tayang Dalam 4D?

5. Matikan Auto Download

Yang satu ini biasanya lolos dari pengawasan kita. Tahu-tahu memori internal membludak. Langkah agar memori internal smartphone lega selanjutnya adalah dengan mematikan auto download yang ada dalam aplikasi aplikasi seperti whatsapp seperti untuk gambar dan video, email untuk attachment dan lain lain. Tanpa mematikan auto download, aplikasi tersebut akan langsung mendownload apa yang dikirimkan dan menyimpannya di perangkat anda sehingga dari hari kehari akan semakin membebani memori internal anda.

1
2
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here