8 Pertimbangan Sebelum Membeli Sebuah Smartphone, Mana Yang Lebih Penting?

0
55
Belum ada rating.

Membeli sebuah smartphone tentunya sama halnya ketika anda membeli barang lain. Anda harus melihat berbagai aspek yang anda ketahui sebelum membelinya. Bagi kita sendiri, membeli sebuah smartphone sekarang lebih sulit dibandingkan di jaman dahulu dimana merk smartphone bisa dihitung jari, namun sekarang? Banyak sekali merk merk smartphone yang beredar sehingga lebih sulit untuk menentukan mana yang akan dibeli. Nah ini beberapa pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone yang banyak dipertimbangkan di Indonesia.

8. Merk

BERLIN, GERMANY – AUGUST 31: An employee arranges Apple iPhone cases at the at the D-Parts stand at the Internationale Funkausstellung (IFA) 2012 consumer electronics trade fair on August 31, 2012 in Berlin, Germany. IFA 2012 is open to the public from today until September 5. (Photo by Adam Berry/Getty Images)

Tidak begitu banyak orang yang memperhatikan merk, namun ada juga yang sangat mementingkan merk. Sebagai pertimbangan, merk merk smartphone besar memang terlihat mentereng didepan mata namun bukan berarti merk merk baru atau yang disebut sebagai merk lokal itu kalah saing dari segi kualitas. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengurangi ketergantungan merk sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone.

7. Prosesor

Prosesor merupakan salah satu komponen penting dari smartphone. Prosesor merupakan otak yang akan menjalankan seluruh kegiatan smartphone. Jika otak tersebut lambat berpikir maka sudah pasti kinerja smartphone mu akan lambat namun sebaliknya jika prosesor itu baik maka hasilnya juga memuaskan. Jangan salah, banyak produsen smartphone yang menggunakan prosesor lawas untuk memamangkas harga jual. Jadi cek lah terlebih dahulu prosesor apa yang digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone.

6. Memori Internal

Memori internal menjadi salah satu hal yang mulai menjadi pertimbangan untuk membeli sebuah smartphone. Hal ini semakin terasa ketika beberapa aplikasi wajib orang Indonesia yang harus ada di smartphone semakin lama semakin membengkak. Alhasil, memori internal yang dulu berukuran 16 gb terasa besar saja kini sudah terasa sesak. Oleh karena itu, hal yang satu ini wajib untuk kamu pahami benar. Apalagi memori internal 16 gb itu hanya akan meninggalkan beberapa persennya untuk kamu gunakan, lainnya sudah digunakan oleh sistem.

BACA JUGA:  8 Smartphone Anti Air Terbaik 2017

5. Baterai

Baterai menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone selanjutnya. Alasannya adalah kamu tentunya tidak mau menjadi fakir colokan bukan? Apalagi jika smartphone adalah temanmu kemana saja. Ukuran baterai yang besar juga harus diimbangi dengan kemampuan fast charging yang cepat. Kalau tidak, untuk mengisi baterai hingga penuh akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jadi jangan lupa untuk baterai dan juga kemampuan chargernya.

4. RAM

Yang satu ini mungkin menjadi salah satu nilai lebih yang banyak menjadi nilai jual. Alasannya banyak vendor vendor smartphone yang menawarkan ram berlebih untuk smartphonya dan saling berlomba limba untuk meningkatkan ram. Alasannya, karena banyaknya ram terkesan menjadi sebuah jaminan jika smartphone tersebut tidak lemot. Padahal selain ram, prosesor jugalah sangat penting namun yang tak kalah penting juga adalah kestabilan perangkat lunak didalamnya yang sesuai dengan perangkat kerasnya. Jika tidak, percuma saja ram besar namun tak teratur dengan baik. Meskipun demikian ram tetap menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone.

BACA JUGA:  Firefox OS Untuk Smartphone Telah Tiba

3. Bahan

Yang satu ini memang baru menjadi salah satu pertimbangan yang baru. Jika dulu sebagian besar smartphone adalah umum jika menggunakan bahan plastik maka sekarang tidak sesederhana itu. Apalagi jika produk yang kamu beli bernilai jutaan maka hal tersebut akan terlihat sama dengan produk yang seharga ratusan ribu saja. Bahan bahan yang tersedia seperti metal, plastik, hingga kaca pun tersedia. Tak hanya soal keindahan, sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone, lihat juga mengenai daya tahannya juga.

2. Kamera

Kamera, siapa yang di jaman sekarang ini tidak membutuhkan kamera di smartphonenya. Apalagi banyak produk yang mengandalkan kamera sebagai nilai jual produknya. Bagi kamu sendiri, carilah kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika memang mmebutuhkan hingga dual camera sekalipun, maka cari saja yang memenuhi selera. Yang pastinya, kamera menajdi salah satu pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone yang utama khususnya orang Indonesia.

1. Harga

Diantara semua poin yang telah dipaparkan, yang menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah smartphone adalah tentu saja harganya. Namun, tentu saja sebelum anda melakukan deal dengan harga yang sesuai dengan kantong kamu, perhatikan poin poin yang lainnya sehingga kamu mendapatkan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here