OS atau sistem operasi adalah sebuah bagian penting dari teknologi baik teknologi tidak bergerak maupun teknologi bergerak atau yang sering disebut sebagai teknologi mobile. Sistem operasi ini menjadi jiwa dari perangkat tersebut sehingga perangkat tersebut mampu berfungsi sebagaimana adanya. Sistem operasi mobile pun berganti dari masa ke masa. Baik dari segi penyempurnaan maupun persaingan bisnis dalam jualan produk dimana sistem operasi mobile saat ini lebih didominasi oleh android dan IOS. Tapi tahukah kamu jika sebelum ada android dan IOS ada banyak sistem operasi mobile terpopuler selain android? Berikut 8 sistem operasi mobile tersebut.

8. TIZEN

Tizen adalah sebuah sistem operasi mobile terpopuler yang dikembangkan oleh Samsung dengan maksud untuk menggantikan android suatu saat nanti. Perangkat berbasis Tizen sudah banyak diproduksi dan dukungan aplikasi aplikasi ternama yang menjadi aplikasi wajib smartphone seperti BBM, Line dan lain lain menjadikan Tizen seperti memiliki masa depan. Tizen juga mengisi perangkat perangkat teknologi Samsung yang lain seperti smartwatch dan lain lain sehingga bisa dibilang sebagai sistem operasi mobile paling populer selain android dan iOS.

Loading...

7. Maemo

Keterpurukan Nokia pada pasar teknologi ternyata tidak serta merta ditinggalkan oleh pengembangnya. Para pengembang Nokia serta komunitas Maemo kemudian membuat sebuah sistem operasi mobile terpopuler bernama Maemo. Karena memiliki dasar yang sama dengan android yakni Linux, banyak kemiripan yang ada diantara keduanya. Hanya saja untuk tampilan Maemo terlihat seperti tempelan-tempelan kertas dibandingkan dengan android yang memiliki banyak sekali tampilan sesuai dengan pengembangnya.

6. WebOS

WebOS menjadi salah satu sistem operasi mobile terpopulerselain android dan iOS yang pernah dibuat. WebOS berada dibawah panji sebuah merk teknologi terkenal HP atau Hewlett Packard. Sistem operasi mobile ini juga dikembangkan oleh Palm yang kemudian sempat mengisi beberapa perangkat HP seperti tablet. Meskipun kalah bersaing dengan Android dan IOS, WebOS masih tetap bertahan sampai kini dan penggunanya yakin masih ada update yang akan semakin menyempurnakan sistem operasi ini.

5. Meego

Meramalkan akan sebuah sistem operasi terpopuler yang bisa digunakan dibeberapa perangkat, sistem operasi mobile yang pernah berjaya ini dikembangkan yakni Meego. Meego pada awalnya ditujukan untuk mendampingi atau bahkan menyaingi keberadaan Symbian yang kala itu masih sangat kuat pengaruhnya namun membawa penyegaran bagi sistem operasinya. Beberapa perangkat yang pernah mengandalkan sistem operasi ini selain Nokia adalah Lenovo yang sayangnya pada 2014 dukungan terhadap perangkat Meego dihentikan.

4. Palm OS (Garnet OS)

Pernahkah kamu mendengar kata Palm OS? Sebelum smartphone marak di dunia teknologi dan ponsel banyak dimiliki orang, ada sebuah perangkat pintar yang berfungsi layaknya smartphone meski sangat sederhana. Sebutannya adalah PDA atau Personal Digital Asistant. Kepopuleran PDA ini tak lepas dari sistem operasi mobile terpopulr yang pernah berjaya yakni Palm OS. Meskipun sangat sederhana dan kebanyakan masih berlayar hitam putih atau berwarna sederhana, namun perangkat ini sudah bisa terhubung ke internet dan mengirimkan email.

3. Windows Mobile OS

Windows yang dikembangkan oleh Microsoft tidak ingin kalah dalam persaingan sistem operasi di ranah mobile meski di ranah PC dan laptop, Windows masih menguasai telak. Namun untuk urusan sistem operasi mobile, Windows phone sepertinya harus mengakui kedigdayaan Android dan Apple. Meskipun, Windows Phone belum sepenuhnya mati walaupun kolaborasi dengan Nokia pun tidak membuahkan hasil. Namun tetap, windows phone menjadi salah satu sistem operasi mobile terpopuler selain Android dan IOS.

2. Blackberry OS

Siapa yang tak mengenal sistem operasi mobile terpopuler yang pernah berjaya satu ini. Blackberry OS adalah sistem operasi resmi dari perangkat Blackberry yang pada awalnya ditujukan untuk kaum korporat atau bussinesmen. Sistem operasi ini memiliki beberapa fitur ekslusif seperti BBM atau Blackberry Messenger sebelum pada akhirnya dilepas bebas di perangkat lain dengan sistem operasi yang berbeda. Seri terakhir dari BB OS adalah BB 10 yang itupun sudah mampu mengadaptasi aplikasi android. Sayangnya karena kalah persaingan dan cepatnya pertumbuhan pasar, BB OS terpaksa harus dimatikan dan kini perangkat Blackberry pun menggunakan android sebagai sistem operasinya.

1. Symbian

Symbian adalah salah satu sistem operasi mobile terpopuler yang pernah berjaya dibawah panji panji merk Nokia. Sistem operasi ini populer saat Nokia merajai pasar smartphone dengan berbagai produknya. meski memiliki sifat sistem operasi tertutup namun Symbian juga dikatakan merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari Linux. Layaknya android yang memiliki beberapa versi, Symbian juga memiliki beberapa generasi hingga pada akhirnya berakhir pada Symbian Belle sebelum pada akhirnya Nokia dimiliki Microsoft dan diisi Windows Mobile hingga baru baru ini akhirnya Nokia berusaha kembali bangkit dengan menggunakan sistem operasi Android.

SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here