8 Supercomputer Tercepat di Dunia, Secepat Apa Sih?

0
66
Belum ada rating.

Pernahkah kamu mendengar istilah supercomputer? Supercomputer adalah istilah yang digunakan untuk perangkat komputer dengan kemampuan yang jauh diatas rata-rata komputer di pasaran. Supercomputer biasanya dimiliki oleh perusahaan tertentu untuk melakukan pemrosesan yang tidak bisa dilakukan oleh komputer umum. Lalu apa saja 8 supercomputer tercepat di dunia? Berikut ulasannya.

1. Sunway Taihulight

Sunway Taihulight berada di posisi pertama supercomputer tercepat di dunia. Spesifikasinya tidak perlu kamu bandingkan dengan komputer kamu di rumah. Sunway memiliki 10,6 juta core yang membutuhkan daya 15,371 KW untuk melakukan prosesnya. Namun, kebutuhan itu dibayar dengan hasilnya yang mencapai 93 petaflops atau 93 kuadrilion perhitungan per detik. Memori yang dimilikinya pun cukup bikin nyengir saja yakni 1,310,720 GB. Superkomputer ini dimiliki oleh National Research Center of Parallel Computer Engineering & Technology (NRCPC) di Cina dan menjalankan sistem operasi sendiri yang bernama RaiseOS 2.5.

2. Tianhe-2

Supercomputer tercepat di dunia kedua adalah Tianhe-2 yang berada di National Super Computer Centre di Guangzhou, China . Supercomputer ini mampu melakukan pemrosesan hingga 38 petaflops atau 38 kuadrilion perhitungan per detik. Memori yang dimiliki sebesar 1,024,000 GB dan membutuhkan daya hingga 17.808 KW untuk menjalankan fungsinya. Supercomputer ini menjalankan OS Kylin Linux.

3. Titan

Di posisi ketiga supercomputer tercepat di dunia ada Titan yang mengambil nama dari sesosok mahluk raksasa di mitologi Yunani. Titan sendiri berada di Oak Ridge National Laboratory, di Tennessee, US. Titan memiliki jumlah core yakni 560.640 core yang mampu melakukan pemrosesan hingga 17.5 petaflops dan mampu dtingkatkan menjadi 27.5 petaflops. Titan membutuhkan daya sebesar 8209 KW untuk menjalankan fungsinya yang ditunjang memori sebesar 710.144 GB.

BACA JUGA  8 Virus Komputer Paling Berbahaya Yang Pernah Membuat Geger Dunia

4. Sequoia

Di posisi keempat supercomputer tercepat di dunia ada Sequoia. Nama Sequoia diambil dari sebuah nama pohon yang dikenal sebagai pohon tertinggi di Bumi. Sequoia sendiri memiliki kemampuan untuk melakukan proses perhitungan hingga 20.1 petaflops. Supercomputer ini masih dibuat berdasarkan teknologi IBM yang membutuhkan daya sebesar 7890 KW untuk menjalankan fungsinya. Sequoia menjalankan Sistem Operasi Linux.

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...
1
2
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here