8 Tanda Smartphone Terinfeksi Virus

0
88
4.5/5 (4)

Semakin canggih teknologi dari sebuah perangkat maka semakin canggih pula serangan yang akan datang pada perangkat. Oleh karena itu sering kita melihat ada banyak update perangkat lunak untuk menambal celah-celah yang mungkin akan dijadikan serangan dari virus atau malware pada perangkat kita. Selain itu kita juga harus berhati-hati dalam menginstal aplikasi, memasang antivirus sebagai sistem keamanan tambahan dan juga yang tidak kalah wajib adalah lupa melakukan pembaharuan sistem yang masih didukung. Kita juga harus mengetahui bagaimana ciri atau tanda-tanda bahwa perangkat kita sudah disusupi virus atau malware. Nah berikut ke 8 tanda smartphone terinfeksi virus yang sering dirasakan oleh pengguna smartphone yang terinfeksi virus.

Ini Dia Pertanda Smartphone Kamu Terkena Virus

1. Internet Terkoneksi Sendiri

Loading...

Tanda smartphone terinfeksi virus yang pertama adalah smartphone kamu secara tiba-tiba mengaktifkan jalur data dan terhubung ke internet. Jika smartphone kamu sudah mengalami hal seperti ini maka bisa dipastikan bahwa smartphonemu benar-benar terinfeksi virus. Segera instal antivirus atau lakukan beberapa tips untuk mengatasi virus segera agar tidak menimbulkan kerugian untuk kamu.

BACA JUGA:  8 Smartphone Dual Kamera Depan Terbaik, Untuk Selfie Berkualitas

2. Terinstal Aplikasi Tidak Dikenal

Masih berhubungan dengan poin lertama, salah satu tanda smartphone terinfeksi virus adalah muncul aplikasi aplikasi tidak dikenal. Aplikasi ini menginstal secara otomatis dan mengunduh secara otomatis tanpa sepengetahuan pemilik. Bahkan ketika data sudah dimatikan, virus akan terus mengunduh smartphone agar semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari penyebar virus. Ada aplikasi yang tampak pada desktop namun ada juga yang tidak tampak. Salah satu yang harus diwaspadai adalah yang tidak tampak dan mencoba meniru aplikasi sistem android.

3. Smartphone Menjadi Panas dan Lambat

Tanda smartphone terinfeksi virus yang ketiga adalah smartphone yang sering menjadi terasa panas atau melambat padahal kamu sedang tidak melakukan aktifitas yang berat apapun seperti gaming atau lainnya. Oleh karena itulah apabila smartphone mu tiba-tiba menjadi sangat lambat dan panas maka kamu boleh curiga. Periksa terlebih dahulu apakah hal itu merupakan benar benar virus atau biasanya aplikasi yang sengaja merusak dengan memperberat tugas RAM.

BACA JUGA:  LG Kembali Masuki Pasar Tablet?

4. SMS atau Telpon Tiba-Tiba

Jika sudah mulai ke tahap yang berbahaya, baik jenis virus maupun akibatnya adalah ketika smartphone mu melakukan panggilan atau telepon tiba-tiba pada smartphone kamu. Sudah pasti hal ini menjadi dampak atau efek yang berbahaya karena berhubungan dengan privasi dari pemilik smartphone tersebut. Salah satu tanda smartphone terinfeksi virus ini bisa mengakibatkan pengguna untuk menjadi malu karena sms yang dikirim terkadang bukanlah konten yang baik dan juga berbahaya untuk data privasi yang disimpan.

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...
1
2
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here