Lebaran dan masa mudik mungkin sudah lewat, lalu bagaimana dengan pengalaman kamu selama berkendara dengan gadget anda? Apakah ada masalah? Masalah yang sering ditemukan adalah masalah baterai yang mungkin akan lebih boros. Nah untuk kamu yang mungkin akan pergi melakukan perjalanan jauh, kamu bisa melakukan beberapa tips menghemat baterai saat perjalanan jauh berikut ini. karena memang di jaman sekarang kita tidak bisa jauh dari smartphone hingga sebisa mungkin smartphone tersebut tetap menyala. Jangan lupa siapkan powerbank untuk berjaga jaga.

Tips Menghemat Baterai Saat Perjalanan Jauh

8. Matikan Data Secara Berkala

Loading...

Tips menghemat baterai saat perjalanan jauh yang pertama adalah matikan jalur data secara berkala. Hal ini akan lebih baik daripada kamu harus mematikan smartphone. Saat menyalakannya kembali baterai smartphone kamu akan berkurang drastis. Saat perjalanan jauh mungkin kamu akan tertidur, nah inilah kesempatan yang tepat untuk mematikan jalur data dan kamu bisa menyalakannya kembali saat kamu terbangun.

7. Matikan Kecerahan Layar Otomatis dan Kurangi Kecerahan Layar

Selanjutnya untuk tips menghemat baterai saat perjalanan jauh adalah mematikan kecerahan layar otomatis dan mengurangi tingkat kecerahan layar. Fitur kecerahan layar otomatis membutuhkan sebuah alat yang akan selalu aktif sehingga baterai akan cepat terkuras. Kamu menyetingnya pada manual dan menguranginya hingga batas minimum, apalagi jika kamu ada dalam kendaraan maka kecerahan layar yang begitu terang maka baterai akan bertahan lebih lama. Apalagi jika jenis layar kamu adalah AMOLED, penggunaan wallpaper berwarna hitam bisa sangat membantu.

6. Matikan Bluetooth, GPS dan Fitur Lainnya Yang Menyedot Baterai

Tips menghemat baterai saat perjalanan jauh selanjutnya adalah mematikan beberapa fitur yang banyak menggunakan baterai yakni Bluetooth, akan lebih baik kamu menggunakann headset berkabel saja, GPS, gunakan saat perlu saja, dan fitur lain seperti Sync, kamu bisa menyalakannya saat dekat dengan sumber listrik atau sudah sampai tujuan. Jika benar benar membutuhkan fitur fitur tersebut, gunakan secara berkala.

5. Gunakan Peta Offline

Jika kamu mengandalkan digital map selama perjalanan jauh, akan lebih baik jika kamu menggunakan offline map alias mendownload semua map dari daerah yang akan dilewati. Tips menghemat baterai saat perjalanan jauh sangat berguna karena kamu tidak membutuhkan data koneksi sehingga baterai tidak akan terlalu boros saat penggunaannya. Dengan demikian baterai kamu akan tetap terjaga dan smartphone tetap bisa membantu perjalanan anda.

1
2
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here