8 Virus Komputer Paling Berbahaya Yang Pernah Membuat Geger Dunia

0
35
5/5 (2)

Beberapa saat yang lalu mungkin kita mendengar berita mengenai virus yang mengunci perangkat elektronik seperti PC atau smartphone yang kemudian membuatnya tidak bisa digunakan. Virus tersebut dibuat dan disebar oleh orang tidak bertanggung jawab yang kemudian meminta sejumlah uang untuk menebus perangkat korban agar dapat terbuka. Bagi perusahaan besar, data-data dalam perangkat tersebut sangatlah berharga sehingga mereka terpaksa membayar sejumlah uang. Nah sebelumnya ada 8 virus komputer paling berbahaya yang pernah membuat geger dunia karena serangannya yang menimbulkan dampak kerugian yang besar. namun beberapa pembuat virus tersebut pun berhasil diciduk oleh pihak berwajib karena termasuk kedalam kejahatan menggunakan teknologi. Apa saja virus virus tersebut? berikut ulasannya.

8. MyDoom

Mydoom adalah salah satu virus komputer paling berbahaya  yang pernah membuat geger dunia IT di tahun 2004 di perangkat Windows dan digolongkan sebagai worm. Virus ini menyebar sangat cepat melalui email dan persebarannya sangat luas. Virus ini diduga dibuat oleh seseorang karena perintah. Alasannya karena ada perkataan “andy; I’m just doing my job, nothing personal, sorry” yang mengungkapkan bahwa itu hanyalah pekerjaannya dan tidak ada hal pribadi yang menyebabkan dia membuat virus tersebut.

7. Stuxnet

Di posisi ke tujuh virus komputer paling berbahaya yang dibuat untuk tujuan tertentu adalah Stuxnet. Stuxnet sendiri dibuat oleh Israel yang bekerja sama dnegan pemerintah pertahanan Amerika Serikat dan dibantu oleh Siemens untuk menyerang komputer dari penduduk Iran. Dugaannya adalah untuk menghentikan program nuklir Iran. Namun nyatanya hanya 60 persen pengguna komputer yang terinfeksi yang berasal dari Iran. 40 persen lainnya berada di luar Iran

6. Conficker

Comficker didaulat sebagai virus komputer paling berbahaya yang menyebabkan paling banyak kerugian yang pernah terdeteksi. Menyerang di tahun 2008, Conficker digolongkan sebagai Downup dan Downadup. Virus ini menginfeksi lebih dari 9 jita komputer di seluruh dunia dan kerugiannya mencapai 9 milyar dollar karenanya. Virus ini sendiri vekerja dengan memanfaatkan celah dalam OS sehingga memudahkan untuk membuat komputer menjadi botnet.

BACA JUGA  Hacker Dapat Ambil Kendali Mobil Anda?

5. Zeus

Zeus merupaka Trojan Horse yang juga merupakan virus komputer paling berbahaya yang nemiliki serangan mematikan. Virus ini menyerang banyak perusahaan besar seperti perbankan dan perusahaan besar lainnya. Di Amerika Serikat sendiri dikatakan bahwa 1 juta komputer terinfeksi virus ini. Namun pemerintah tidak diam, 100 orang ditangkap karena terhubung dengan pembuatan virus ini dan menyebarkannya.

Please rate this

Loading...
1
2
SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here