David Karp Pendiri Tumblr, Kaya Karena Drop Out

0
111
No ratings yet.

Di balik berita penjualan Tumblr senilai US$ 1,1 miliar kepada Yahoo, tersembul kisah David Karp, pendirinya. Anak muda berusia 26 tahun itu, kini menjadi salah satu pengusaha teknologi terkaya di dunia.

Sebelum penjualan Tumblr, kekayaan bersihnya diperkirakan US$ 200 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun. Dari penjualan Tumblr, ia mendapat bagian dari 25 persen sahamnya, diperkirakan mencapai angka US$ 275 juta, atau setara Rp 2,68 triliun.

Meskipun Zuckerberg dan Karp tampaknya memiliki banyak kesamaan, mereka memiliki naluri berbeda. Karp menjelaskan Tumblr sebagai “platform untuk kreativitas” dan Zuckerberg melahirkan Facebook dengan tujuan “untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung”. Sementara Zuckerberg sering digambarkan sebagai seorang “pragmatis yang dingin”, yang memperluas pengaruh Facebook dengan mengorbankan privasi penggunanya, Karp lebih lembut dan lebih sabar.

David Karp
David Karp

Tumblr aktif menghindari taktik gaya Facebook untuk mengejar pertumbuhan, menghilangkan penanda numerik untuk menandai “popularitas” yang biasa digunakan di media sosial. Karakter Karp tercermin pada tata letak situsnya yang bersih dan sederhana. Pada rilis tahun 2007, TechCrunch memuji platform situsnya “tak tertandingi kesederhanaan” yang menyatakan bahwa “sama sekali tidak ada kurva untuk belajar, hanya mendaftar dan mulai posting”.

Ia juga kerap disebut-sebut sebagai Steve Jobs. Sebuah profil Karp yang dimuat di Forbes pada Januari 2013 menunjukkan hidupnya yang bersahaja: ia hanya memiliki satu setelan, dan tinggal di apartemen di Brooklyn yang nyaris “tak ada apa-apa di dalamnya”. Namun, tak ada apa-apa di dalamnya itu berada di atas properti 1.700 kaki persegi seharga US$ 1,6 juta. Sebagai karyawan pertama Karp, Marco Arment, mengatakan kepada New York Times, “David adalah Tumblr.”

BACA JUGA  8 Smartphone Anti Air Tercanggih 2017

Pendidikan Karp di dunia digital dimulai pada usia 11, dengan belajar pengkodean dari buku ‘HTML for Dummies’. Dia segera membangun satu situs untuk bisnis lokal setelah itu. Dengan restu orang tuanya ia kemudian keluar dari pendidikan publik saat berusia 15 tahun dan mengikuti pendidikan home schooling sehingga ia bisa mengikuti ambisi kewirausahaan. Pekerjaan yang signifikan pertamanya adalah sebagai kepala produk di UrbanBaby, sebuah forum yang didedikasikan untuk kaum ibu perkotaan. Situs itu dibeli oleh CNET pada tahun 2006 dan Karp menggunakan pendapatan dari penjualan itu untuk membangun Tumblr, yang menarik pengguna 75.000 hanya dalam dua minggu.

Perjalanan sejak itu telah mengikuti rute yang paling terkenal untuk start-up: meningkatnya jumlah pengguna dan penyebaran global. Akuisisi Tumblr baru-baru ini oleh Yahoo adalah langkah berikutnya dalam perjalanan ini. Tapi banyak blogger takut langkah ini akan menandai akhir dari platform yang ramping dan desain yang user sentris.

Kedua belah pihak telah melakukan yang terbaik untuk meredakan kekhawatiran tersebut. CEO Yahoo Marissa Mayer meyakinkan masyarakat bahwa perusahaannya akan membiarkan Tumblrs “beroperasi secara independen” dan Karp merilis pernyataannya sendiri dengan janji bahwa kesepakatan itu tidak akan “membahayakan pengguna”.

Sumber: Yahoo! News

Please rate this

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here