Facebook Beli WhatsApp Seharga 16 Miliar Dolar

0
41

Facebook telah setuju untuk membeli platform instant messaging terkemuka WhatsApp untuk nominal mencengangkan sebesar 16 miliar dolar. Perusahaan itu membuat pengumuman mengejutkan itu dalam sebuah postingan blog mereka beberapa saat lalu, merinci alasan untuk kesepakatan itu serta bagaimana rencana ke depannya tentang pembelian tersebut. Singkatnya, Zuckerberg dan perusahaannya mengeluarkan 4 miliar dolar dalam bentuk uang tunai dan saham Facebook senilai sekitar 12 miliar dolar untuk sesegera mungkin mengambil alih teknologi dan basis pengguna WhatsApp.

Kesepakatan itu juga menyediakan untuk tambahan 3 miliar dolar unit saham terbatas yang diberikan kepada pendiri dan karyawan WhatsApp yang akan mendukung mereka selama empat tahun setelah penutupan ini.

Untuk lebih menjelaskan kesepakatan tersebut Facebook menyoroti beberapa metrik kunci WhatsApp: Diperkirakan bahwa lebih dari 450 juta orang menggunakan WhatsApp di seluruh dunia saat ini dimana 70 % di antaranya adalah pengguna aktif, menambahkan sekitar satu juta pengguna lain per hari dan dengan cepat mendekati seluruh volume SMS berbasis operator di seluruh dunia.

“WhatsApp berada di jalan untuk menghubungkan 1 miliar orang. Layanan yang mencapai tonggak itu semuanya sangatlah berharga,” kata Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook . “Aku telah mengenal Jan [Koum, pendiri dan CEO WhatsApp] untuk waktu yang lama dan aku gembira untuk bermitra dengannya dan timnya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.”

Kesepakatan itu diharapkan untuk menutup akhir tahun ini dan akan ada pembayaran yang menarik sebesar 2 miliar dolar untuk para pendiri WhatsApp (1 miliar dolar dalam bentuk uang tunai, 1 miliar dolar dalam bentuk saham Kelas A) sebagai antisipasi jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kegagalan dalam memperoleh persetujuan pengaturan yang diperlukan atau sebaliknya. Produk mesaaging inti dari WhatsApp dan Messenger milik Facebook akan terus beroperasi sebagai aplikasi mandiri.

 

Sumber: techspot.com

Loading...
loading...
SHARE

LEAVE A REPLY