Facebook Perluas Graph Search Untuk Mencari Update Status

0
72
No ratings yet.

Facebook Graph Search, mesin pencari bahasa natural dari jejaring sosial itu, telah semakin dewasa sehingga ia kini dapat mewujudkan janji aslinya untuk membebaskan semua konten masa lalu dan sekarang dari kungkungan News Feed.

Mulai hari Senin, mesin itu akan memungkinkan orang-orang – awalnya hanya sekelompok kecil saja – untuk mencari update status, keterangan foto, check-in, dan komentar di Facebook.com. sebelumnya, Graph Search hanya memungkinkan pengguna untuk mencari sekitar orang-orang, tempat, foto, dan ketertarikan.

Loading...

Graph Search, yang telah dicanangkan sebagai produk “pilar ketiga,” adalah sama penting dan intinya seperti News Feed dan Timeline. Pengalaman pencarian bahasa natural pertama kali diperkenalkan pada bulan Januari, namun baru dapat dipakai untuk orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris Amerika pada bulan Juli. Janji yang disebutkannya merupakan suatu dimensi yang nampaknya baru tetapi tampak terlambat dalam sebuah jejaring sosial, yaitu janji dimana tiap bagian dari konten yang di-share oleh Anda atau dengan Anda, termasuk hal-hal yang diposting secara publik, dapat diakses dengan cara yang Anda sukai.

Janji itu akhirnya diwujudkan dengan sebuah rilis baru, yang memperkenalkan pencarian posting untuk pertama kalinya dan memungkinkan orang kembali melewati waktu untuk meninjau kembali komentar atau update status masa lalu mereka sendiri, melihat apa yang dikatakan teman-teman tentang topik, atau mengintip update publik yang di-share di tempat tertentu. Secara keseluruhan, kemampuan Graph Search yang diperluas akan memberikan daya tarik yang lebih luas untuk produk kompleks yang, hingga saat ini, membutuhkan banyak pengetahuan pada bagian pengguna untuk melakukan lebih dari biasa mereka lakukan: mencari orang untuk teman.

“Membangun kemampuan untuk mencari posting dan update status merupakan tantangan rekayasa yang signifikan yang melibatkan pengindeksan lebih dari satu triliun tulisan,” kata seorang juru bicara Facebook kepada CNET.

BACA JUGA  Facebook Tinggalkan Blackberry

Juru bicara itu mengatakan bahwa Facebook, mulai Senin sore, akan menggulirkan Graph Search yang baru dan telah ditingkatkan itu secara perlahan-lahan dan akan mendengarkan masukan yang mereka dapatkan. Produk ini juga untuk sementara hanya tersedia untuk desktop saja, yang artinya Graph Search belum tersedia untuk para anggota yang menggunakan smartphone yang semakin banyak digunakan untuk mengakses Facebook.

Namun begitu, dengan rilis itu, bahasa Graph Search langsung menjadi lebih akrab bagi orang-orang yang menginginkan cara sederhana untuk kembali ke masa lalu. Memuaskan kebutuhan dasar ini dapat berdampak jauh untuk mengenalkan para anggota yang belum akrab dengan kualitas Graph Search, dan membuka jalan untuk hari yang tak terelakkan ketika perusahaan mulai menyisipkan iklan ke dalam pencarian.

 

Sumber: news.cnet.com

Please rate this

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here