Firefox Rambah Bisnis Smartphone

0
72
Belum ada rating.

Sebuah sistem operasi baru untuk smartphone bergabung dengan para pendahulunya.

Mozilla merilis sebuah ponsel yang beroperasi melalui OS Firefox baru milik mereka di Spanyol pada hari Senin, bergabung dengan OS mobile terkemuka Android dan iOS, serta pemain yang lebih kecil seperti Windows Phone dan Blackberry.

Loading...

ZTE Open dan Alcatel OneTouch Fire adalah ponsel dasar dengan layar 3,5 inci, spesifikasi entry-level dan label harga yang tergolong rendah. Telefonica akan menjual ZTE Open di Spanyol mulai 2 Juli kemarin untuk harga 69 euro, atau sekitar 90 dolar.

Mozilla yang merupakan perusahaan nirlaba berusaha menghilangkan tipikal ekosistem aplikasi tertutup dengan OS Firefox. Dibangun dengan standar web terbuka, OS ini diperkirakan akan menarik sekitar 8 juta web developer yang langsung bergabung dan menciptakan berbagai aplikasi HTML 5 untuk ponsel tersebut.

BACA JUGA:  8 Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Tertinggi, Wah Bahaya Ndak Nih?

Ponsel ini akan lebih ditujukan untuk negara-negara seperti Spanyol, Polandia, Kolombia, Venezuela dan akhirnya Brasil, di mana iPhone adalah barang yang sangat mahal bagi kebanyakan orang. “Bagi banyak pengguna, ini akan menjadi smartphone pertama yang akan mereka beli,” papar Chris Lee, yang memimpin tim produksi untuk OS Firefox ini. Mereka juga berusaha untuk tidak berbenturan dengan benteng Apple (iOS) dan Google (Android), dengan menyatakan bahwa mereka akan menargetkan lokasi-lokasi yang tidak dijangkau oleh kedua raksasa OS tersebut.

BACA JUGA:  8 Tips Menghemat Baterai Saat Perjalanan Jauh

Dari desainnya, OS Firefox dirancang sangat sederhana dan intuitif untuk menarik pengguna smartphone baru. Untuk saat ini, home screen OS tersebut sangat mirip dengan iPhone, dengan grid ikon empat kali empat dan docking aplikasi yang paling sering dipakai berada di sepanjang bagian bawah layar. Namun perusahaan berharap para web developer dapat menciptakan sesuatu yang baru terlepas dari kemiripan visual layar yang kini ada.

OS Firefox kini telah memiliki beberapa aplikasi populer seperti Facebook, Twitter dan aplikasi peta yang didukung oleh Nokia Here.

 

Sumber: edition.cnn.com

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here