Garpu Elektrik Ini Bisa Membuat Makanan Jadi Lebih Enak

0
176

Hiromi Nakamura, doktor peneliti di Meiji University membuktikan hal ini. Ia membuat garpu elektrik yang bisa mengubah rasa makanan. Reporter dari Munchies bernama Simon Klose mencoba garpu elektrik ini. “Saat pertama mendengarnya, saya pikir ini akan menakutkan,” jelasnya. Dan ia mencoba sepotong ayam goreng yang sudah disediakan.

“Rasanya seperti ada yang berdesis, mirip kandungan soda dalam minuman berkarbonasi. Ayam ini juga jadi terasa berkarbonasi. Dan rasa ayamnya jadi gurih,” komentarnya.

Ide ini muncul ketika Hiromi Nakamura melakukan eksperimen di Computer Human Interaction Conference di Austin, Texas, di tahun 2012. Ia dan juga timnya menyambungkan kawat dengan baterai 9 volt lewat sedotan yang dicelupkan di gelas berisi jus limun. Sukarelawan juga mencoba jus limun ini. Menurutnya, rasanya jadi jauh lebih ringan dan ini karena peran listrik tersebut.

Idenya kemudian berkembang dan Nakamura dengan Profesor Homei Miyashita menyebutnya ‘Augmented Gustation‘. Ia juga berhasil mentransfer aliran listrik di garpu dan sumpit. Cara kerjanya tergantung pada makanan. “Ketika makanan ditaruh di dalam mulut, alat ini akan bekerja. Dan ketika diambil dari mulut, alat ini berhenti dengan sendirinya,” tutur Nakamura.

Karena penelitian ini, tiga hingga empat tahun belakangan Nakamura selalu makan dengan aliran listrik ini. Sampai sekarang, perempuan ini masih tetap meneliti kemungkinan aliran listrik di benda lain. Orang akan bisa mendesain rasa sesuai keinginan. Sepertinya, hal ini akan memudahkan ibu rumah tangga dan seorang chef.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY