Gawat, Ada Bug Di Email iPhone Anda!

0
53
Ada Bug Di Email iPhone Anda

Walaupun Apple menyatakan bahwa attachment/lampiran di email pada iPhone atau iPad kita terenkripsi dengan aman, kenyataannya tidak seperti itu. Paling tidak itu menurut ahli keamanan Jerman, Andreas Kurtz.

Kurtz telah menemukan bug di iOS, sehingga dia dapat mengakses file attachment yang dikirimkan melalui email ke iPhone atau iPad, sekalipun device tersebut dalam keadaan terkunci dengan passcode. Dan siapapun bisa melakukan hal ini.

Sejak iOs 4 dirilis pada 2010, Apple telah menjamin bahwa file diproteksi dengan lapisan keamanan tambahan. Ketika handphone dikunci, attachment email di dalamnya akan otomatis terkunci juga. Jika hacker atau orang lain diam-diam mengambil handphone anda, kemudian menghubungkannya ke komputer dan mem-bypass passcode nya (menggunakan software untuk mem-bypass passcode), mereka tetap tidak bisa membaca atau melihat file attachment tersebut, karena file telah diubah menjadi kumpulan angka dan huruf yang berantakan (acak-acakan). Kecuali memang handphone diunlock secara keseluruhan (menggunakan passcode).

Ada Bug Di Email iPhone Anda
Ada Bug Di Email iPhone Anda

 

Tapi menurut Kurtz ternyata tidak seperti itu. File sama sekali tidak terenkripsi seperti penjelasan Apple di atas. Kurtz sudah melakukan percobaan pada iPhone 4, dengan cara mencolokannya ke komputer, kemudian mem-bypass passcode, dan Kurtz berhasil melihat file attachment di dalam email handphone tersebut. Hal yang sama bisa dilakukan pada iPhone 5s dan iPad 2.

Untungnya cara yang Kurtz lakukan tidak berlaku untuk device Apple keluaran baru, karena pada device Apple keluaran terbaru diseting agar komputer tidak dapat mengakses file berbentuk raw.

Andreas Kurtz adalah co-founder dari NESO Security Labs di Heilbronn, Jerman. Dia pertama kali mempublikasikan mengenai lubang keamanan pada device Apple ini di blog pribadi miliknya, pada 23 April 2014. Kurtz sebelumnya sudah melaporkan hal ini ke Apple, dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka sudah menyadari akan hal ini. Namun ketika Apple merilis update iOS 7.1.1 dan perbaikan keamanan ini tidak termasuk didalam update, Kurtz kemudian memposting temuannya ini.

Apple sendiri menyatakan bahwa sudah memiliki rencana untuk mengatasi masalah ini di update iOS yang akan datang, namun tidak mengatakan kapan waktunya.

 

Sumber: CNN.com

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY