Google pada hari Kamis mengungkapkan potongan harga yang signifikan untuk penyimpanan awan (cloud storage) dan layanan sinkronisasi Google Drive. Efektif dengan segera, setiap tingkatan kini lebih murah daripada sebelumnya yang tidak diragukan lagi akan memberikan lebih banyak tekanan pada kompetisi yang ada.

Penawaran gratis sebesar 15GB tetap ada dan tidak berubah, sementara penyimpanan online sebesar 100GB kini dihargai hanya 1,99 dolar saja per bulannya, dari 4,99 dolar yang harus Anda bayarkan sebelumnya. Satu terabyte penuh – yang tadinya dihargai 49,99 dolar per bulannya – kini bisa Anda dapatkan dengan harga hanya 9,99 dolar saja. Mereka yang membutuhkan lebih banyak lagi ruang penyimpanan bisa mendapatkan ruang sebesar 10TB dengan harga 99,99 dolar per bulannya.

Loading...

Layanan itu tetap tidak berubah yang berarti penyimpanan itu masih tersedia di Gmail, Google+ Photos dan Drive. Pengguna Drive yang telah terdaftar akan secara otomatis di-upgrade ke versi harga baru yang lebih baik itu tanpa biaya tambahan, seperti yang dikatakan oleh perusahaan dalam sebuah postingan blog yang mengumumkan pemotongan harga tersebut.

Anda mungkin bertanya, bagaimana harga baru Google itu bersaing dengan para pesaing mereka? Sebuah tinjauan cepat di Dropbox mengungkapkan bahwa penyimpanan 100GB milik mereka dijual seharga 9,99 dolar sementara Microsoft mematok biaya sebesar 25 dolar dan 50 dolar masing-masing untuk penyimpanan sebesar 50GB dan 100GB milik mereka. Tentu saja, masing-masing layanan memiliki pro dan kontra untuk dipertimbangkan tetapi pada harga baru ini, akan sulit untuk melewatkan Google Drive jika kita melihat dari nilainya saja.

Mungkin bahkan yang lebih menarik adalah respon dari kompetisi tersebut. Seperti yang telah kita lihat dari industri nirkabel, hanya dibutuhkan satu provider yang benar-benar membuat suatu guncangan yang membuat perubahan dari semua pihak yang terlibat.

 

Sumber: techspot.com

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here