Kata Siapa Email Yang Kamu Pake Itu Gratis?

0
76

Seperti kita tahu, selama ini kita menggunakan email seperti Yahoo, Google, dan email lainnya, tidak ditarik bayaran. Tapi tidak ditarik bayaran bukan berarti gratis loh!

Contohnya Gmail, email yang populer digunakan oleh pengguna internet. Google tidak menarik bayaran ke kita sebagai pengguna, tapi ternyata mereka menggunakan data pribadi pengguna Gmail untuk kepentingan mereka.

Saat ini estimasi pengguna Gmail adalah lebih dari 500 juta orang, dimana Gmail berhasil mendominasi penggunaan email di seluruh dunia. Namun Gmail sering kali berhadapan dengan tuntutan hukum di Amerika Serikat dan Eropa, karena mereka dianggap melanggar privacy dengan ‘mengintip’ isi email para user.

Icon-Gmail

 

Google mengumumkan bahwa mereka berhasil memperoleh pemasukkan $16,86 Juta pada kuartal terakhir 2013. Salah satu cara memperoleh pemasukkan tersebut adalah dengan melihat isi email dan membuat index nya, kemudian menggunakan data tersebut untuk memunculkan iklan yang berhubungan dengan isi email penggunanya

“Premis paling dasar dari Google adalah, kami memberikan pelayanan email kepada kalian dan sebagai timbal baliknya kami akan menampilkan iklan di email, dan kami membaca email kalian untuk memutuskan iklan mana yang paling relevan/berhubungan untuk ditampilkan,” kata Eric Goldman, seorang profesor dari Santa Clara University School of Law.

Jadi kesimpulannya, tidak ada yang benar-benar gratis, walaupun Google tidak menarik bayaran atas layaran Gmailnya, tapi mereka mengambil keuntungan dari kita lewat sistem periklanan mereka. Gimana masih percaya dengan yang gratis-gratis? :p

 

Sumber: CNN.com

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY