Kerentanan Serangan SMS Pada Semua Smartphone Nexus Terbaru

0
85
Belum ada rating.

Peneliti keamanan Bogdan Alecu baru-baru ini menemukan bahwa smartphone Nexus terbaru seperti Galaxy Nexus, Nexus 4 dan Nexus 5 yang baru saja dirilis semuanya rentan terhadap serangan SMS yang dapat mengunci handset, me-reboot-nya atau membuatnya kehilangan koneksi ke jaringan operator.

Serangan itu dilaporkan bekerja dengan cara mengirimi ponsel Nexus sekitar 30 pesan SMS kilat. Pesan kilat digambarkan sebagai pesan yang langsung ditampilkan pada layar dan memerlukan tindakan segera. Jika pesan tidak dihentikan dengan semestinya, ponsel ini dapat kehilangan koneksi datanya, hang atau bahkan reboot.

Loading...

Sebagian dari masalah itu adalah bahwa ponsel Nexus tidak memberitahu pengguna dengan nada suara ketika SMS kilat diterima. Hal ini memungkinkan penyerang untuk mengirim pesan dalam jumlah yang diperlukan secara beruntun tanpa korban menyadari pesan yang masuk.

Alecu, yang melaporkan cacat tersebut ke Google, mencatat bahwa kerentanan yang telah disebutkan itu hadir pada perangkat Nexus yang berjalan dalam versi Ice Cream Sandwich hingga Kit Kat. Ia kabarnya mencoba serangan itu pada 20 perangkat lainnya dan tidak berhasil dan diberitahu bahwa perbaikan akan datang pada Android 4.3 meskipun hingga kini masih belum diperbaiki.

Penyerang dapat mengirim SMS kilat melalui sejumlah aplikasi Android. Terlebih lagi, kita diberitahu bahwa berbagai layanan telepon kini menawarkan fitur tersebut sebagai sebuah pilihan meskipun sebelum laporan ini, sepertinya SMS kilat belum pernah terdengar. Bagaimana dengan Anda?

 

Sumber: techspot.com

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here