Microsoft Pamerkan “Windows in the Car”

0
55

Microsoft sudah tidak asing untuk urusan hiburan dalam-mobil. Sejumlah perusahaan termasuk BMW, Fiat, Ford, Kia dan Nissan semuanya menggunakan versi modifikasi dari Windows untuk menghidupkan sistem hiburan mereka di masa lalu. Namun Microsoft juga telah berfokus pada visi mereka sendiri tentang akan terlihat seperti apa hiburan dalam-mobil, baru-baru ini berbagi visi tersebut selama konferensi Build mereka.

Konsep itu, yang sedikit terlihat seperti CarPlay milik Apple, saat ini tengah diuji dalam mobil sungguhan. Pada dasarnya hal itu mengambil apa yang ditunjukkan di perangkat Windows seperti sebuah smartphone dan menempatkannya di dasbor/layar konsol kendaraan itu lengkap dengan kontrol sentuh dan antarmuka yang ramah-kendaraan.

Untuk menyelesaikan tugas ini, Microsoft menggunakan standar konektivitas yang disebut Mirrorlink. Ini sudah digunakan oleh handset Symbian milik Nokia dan Sony Xperia Z tetapi kemungkinan akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas di masa depan saat lebih banyak sistem infotainment mengadopsinya. Citroen, Honda, Toyota dan Volkswagen serta beberapa penyedia sistem audio seperti Alpine dan Pioneer semuanya berusaha untuk membawa teknologi Mirrorlink untuk produk mereka masing-masing.

windows-in-the-carVersi prototipe dari antarmuka pengguna itu terlihat seperti versi yang ditipiskan dari Windows 8 lengkap dengan sebuah pasar aplikasi. Sentuhan akan menjadi akan menjadi sebuah bagian besar dari interaksi karena pengguna akan menyapu di antara tile untuk mengontrol berbagai hal seperti radio, mengakses peta dan masih banyak lagi.

Saat sebuah demo publik, Steve Teixeira dari Microsoft menguraikan bagaimana pengembang akan dapat membangun aplikasi khusus untuk penggunaan dalam-mobil. Sayangnya ia tidak sampai mengumumkan kapan platform tersebut akan muncul di mobil-mobil baru atau sudah ada atau belum produsen mobil yang tertarik untuk mengadopsi teknologi itu.

Sumber: techspot.com

Loading...
loading...
SHARE

LEAVE A REPLY